Advertorial

Bontang Bakal Jadi Ikon Wisata Kaltim

BONTANG – Kota Bontang dicanangkan bakal menjadi ikon pariwisata di Kaltim. Oleh karenanya, Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Bontang mengharapkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) terbentuk di setiap kelurahan di Bontang. Tujuannya, tentu untuk mengenalkan masyarakat sekitar tentang kesadaran sapta pesona agar kunjungan wisatawan di Bontang semakin meningkat.

Kadisporapar Bontang, Bambang Cipto Mulyono mengatakan Pelatihan Sadar Wisata Kota Bontang 2018 dimaksudkan untuk memberikan pembekalan dan pengenalan tugas Pokdarwis di setiap kecamatan. Mengingat Pokdarwis merupakan garda terdepan untuk mempromosikan sekaligus penyadaran masyarakat terkait sadar wisata dan sapta pesona. “Jadi bagaimana para Pokdarwis ini menyadarkan masyarakatnya, karena tanpa masyarakat yang sadar wisata kunjungan wisata bisa tidak meningkat atau semakin menurun,” jelas Bambang saat memberikan laporannya di acara Pelatihan Sadar Wisata Kota Bontang 2018 di Pendopo Rujab Wali Kota Bontang, Rabu (19/9) lalu.

Misalnya, lanjut dia, ketika masyarakat tidak ramah terhadap para wisatawan dan tidak memahami sapta pesona, maka wisatawan enggan lagi datang ke Bontang. “Makanya menjadi tugas Pokdarwis untuk terus memberikan pemahaman kepada masyarakatnya,” ujarnya.

Di Bontang, lanjut dia, sudah terbentuk 13 Pokdarwis. Tetapi harapannya, di setiap kelurahan bisa terbentuk Pokdarwis. Oleh karenanya, Bambang juga sudah menyiapkan beberapa destinasi wisata dengan terus mempercantiknya untuk menarik wisatawan. “Seperti mangrove Berbas Pantai, juga Beras Basah yang sedang dalam proses perbaikan,” terang dia.

Selain itu, Bambang juga mengundang seluruh guru SLB di Kota Bontang agar bisa mengenalkan pariwisata Bontang kepada anak-anak difabel. Bambang juga membeberkan, kunjungan wisatawan yang naik 300 peren di 2017. Sehingga diharapkan agar kunjungan wisatawan ke Bontang terus meningkat. “ Semoga akses jalan dari Samarinda menuju Bontang segera diperbaiki agar para wisatawan nyaman saat diperjalanan untuk berwisata ke Bontang,” harapnya.

Pokdarwis juga dipersiapkan sebagai mitra-mitra pariwisata yang membantu meningkatkan wisatawan. “Kami juga mengharapkan pariwisata memiliki dinas sendiri agar lebih fokus dalam mengembangkan pariwisata di Bontang,” pungkasnya.

Acara pelatihan tersebut dibuka oleh Wakil Wali Kota Bontang, Basri Rase.

Narasumber dalam kegiatan tersebut yakni Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) Bontang Dasuki, Kasi Pengembangan Objek Wisata Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim Taufik, Dosen Pariwisata Polnes Samarinda Muhammad Fauzan dan Ramadhan.(mga/adv)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button