Advertorial

Neni Pimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda

BONTANG- Upacara peringatan ke-90 Hari Sumpah Pemuda Tahun 2018 yang diselenggarakan Pemerintah Kota Bontang berlangsung di halaman Kantor DPMTK-PTSP, Jalan Awang Long, Senin (29/10) pagi. Upacara dipimpin langsung Wali Kota Bontang Hj Neni Moerniaeni.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada peringatan Sumpah Pemuda kali ini, Wali Kota Bontang, Wakil Wali Kota (Wawali) Basri Rase dan istrinya Hapidah,  Ketua DPRD Kota Bontang Nursalam, serta unsur Forkopimda menggunakan pakaian adat dari suku mereka masing-masing. Hal ini membuat suasana upacara semakin kental dengan nuansa Bhineka Tunggal Ika.

Dalam sambutannya, Neni menyampaikan bahwa generasi zaman milenial ini berutang budi kepada para tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda. Sehingga menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia, sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini. Komitmen kebangsaan mereka harus diteladani untuk membangun bangsa, satukan Indonesia.

“Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap primordial suku, agama, ras dan kultur menuju persatuan dan kesatuan bangsa. Maka tugas pemuda saat ini harus sanggup membuka pandangan keluar batas tembok kekinian dunia. Demi menyongsong masa depan lebih baik,” katanya.

Lebih lanjut, Neni menyampaikan bahwa peringatan ke-90 Hari Sumpah Pemuda kali ini mengambil tema “Bangun Pemuda Satukan Indonesia”. Tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu. Berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbananmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia. Ayo, para pemuda Kota Bontang mari bersama-sama kita songsong masa depan yang lebih baik dan lebih cemerlang,” pungkasnya. (hms7)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga

Close
Back to top button