Advertorial

Wawali Sampaikan 41 Jawaban atas Pemandangan Umum Fraksi 

BONTANG – Setelah mendapat penyampaian pemandangan umum dari fraksi-fraksi DPRD Bontang atas Raperda Kota Bontang tentang APBD Tahun Anggaran 2019, Wali Kota Bontang menyampaikan jawaban yang dibacakan oleh Wakil Wali Kota Bontang Basri Rase. Sebanyak 41 jawaban pun diberikan oleh Wali Kota Bontang.

Basri menuturkan, pada dasarnya pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD Bontang tersebut berupa saran, pendapat, dan pertanyaan yang ditujukan kepada Pemkot Bontang. Hal tersebut juga sebagai upaya merumuskan rancangan anggaran yang terbaik bagi pelaksanaan pembangunan di Kota Bontang tahun anggaran 2019.

“Terkait penganggaran belanja untuk Kantor Sekretariat Korpri, disebutkan bahwa proses penyusunan rancangan APBD tahun 2019 dilaksanakan sebelum penetapan penghapusan kantor Korpri sebagai perangkat daerah,” jelas Basri di Ruang Rapat DPRD Bontang, Rabu (31/10) kemarin.

Oleh karena itu, lanjut Basri, dalam proses pembahasan rancangan APBD tahun 2019, alokasi anggaran yang dimasukkan untuk Korpri akan diusulkan diredistribusi kepada perangkat daerah yang ditetapkan menjadi pelaksana. Di mana fungsi-fungsi yang sebelumnya menjadi tanggung jawab Korpri, dilimpahkan ke perangkat daerah tersebut.

PENYERAHAN: Wakil Wali Kota Bontang Basri Rase menyerahkan jawaban atas pemandangan umum fraksi-fraksi terhadap nota keuangan rancangan APBD Kota Bontang tahun anggaran 2019 kepada Wakil Ketua DPRD Bontang, Etha Rimba Paembonan.(HAYAT/HUMAS PEMKOT BONTANG)

Sementara itu, terkait harapan fraksi Gerindra agar Pemkot Bontang menyampaikan persentase pengelolaan keuangan daerah ke Kementerian Keuangan guna meminimalisir atau menghindari terjadinya realisasi transfer yang tidak sesuai dengan kondisi dan kebutuhan riil di daerah, maka persentase tersebut dilakukan sebelum informasi pengalokasian dana perimbangan.

“Sesuai regulasi yang dikeluarkan Kemenkeu, bentuk koordinasi yang dilaksanakan pemerintah daerah ke pemerintah pusat lebih diarahkan dalam bentuk hubungan pertukaran data dengan teknologi informasi,” ungkapnya.

Namun demikian, pemerintah daerah mengapresiasi atas saran yang diberikan, dan akan berupaya dapat melaksanakan sesuai saran yang disampaikan.

Rapat tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Bontang Etha Rimba Paembonan dan dihadiri seluruh anggota DPRD Bontang. Hadir juga seluruh kepala OPD Pemkot Bontang.(mga)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button