Breaking News

Diskes-KB Sosialisasikan Program GenRe 

BONTANG – Untuk menambah pengetahuan mengenai program-program Generasi Berencana (GenRe), Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Diskes-KB) Bontang bersama Diskes-KB Kaltim menggelar sosialisasi ke dua tempat sekaligus, Kamis (1/11) kemarin.

Lokasi pertama SMA Vidatra, dan yang kedua rombongan Diskes-KB Provinsi dan Kota Bontang juga bertandang ke Kampung KB Wilis Sejahera Kelurahan Gunung Telihan menyambangi PIK Remaja Jalur Masyarakat Tumbuh Bersama.

Pada kesempatan itu, Dewi Angelia Daniel sebagai Duta GenRe Indonesia Jalur Pendidikan Tahun 2018 membawakan materi terkait Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP). Ia menjelaskan mengenai syarat-syarat perkawinan.

Serta menjelaskan risiko menikah dini dan manfaat pendewasaan usia perkawinan yang meliputi kesehatan, mental spiritual, dan ekonomi. “Ada lima komponen yang harus dilakukan remaja saat ini, yaitu melanjutkan pendidikan, mencari pekerjaan, berkeluarga, bermasyarakat, dan pola hidup sehat,” ucapnya.

Sementara itu, Sitti Mayasari H, S.IP, MA sebagai perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kaltim juga memberikan materi terkait Mekanisme Pengelolaan Pusat Informasi dan Konseling Remaja/Mahasiswa (PIK-R/M). Seperti langkah-langkah pembentukan PIK-R/M, syarat utama yang diperlukan, kriteria PIK, hingga pokok-pokok kegiatan kepengurusan PIK.

“Mudah-mudahan ke depan ada perwakilan dari Bontang yang terpilih menjadi Duta PIK di tingkat provinsi maupun nasional,” harap Maya. (ra/sos)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button