Feature

Ubah TPA Jadi Taman

Keberdaan Taman RT 08 yang dibangun melalui swadaya warga, membawa berkah bagi Kelurahan Berebas Tengah. Taman itu menjadi salah satu kunci sukses mereka meraih peringkat dua Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat nasional.

VERI SAKAL, Bontang

Tak ada yang menyangka di RT 08 Kelurahan Berebas Tengah mempunyai taman yang begitu indah. Memiliki panjang 17 meter dan lebar 5 meter. Dipenuhi berbagai jenis pepohonan. Dilengkapi pula dengan mainan anak.

“Sudah sering kelurahan menjadi juara karena RT 08, mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, kota, provinsi hingga nasional berkat adanya taman tersebut,” jelas Ketua RT 08, Hariono, Sabtu (13/11) kemarin.

Diceritakan Hariono, pada 2016 lokasi taman merupakan tempat membuang sampah. Dengan sekira 60 kepala keluarga (KK), begitu banyak tumpukan sampah di sana. Ditambah bau yang menyengat. Melihat itu, dia mengajak warga untuk menanam pohon kecil di lokasi tersebut. Akhirnya, lama kelamaan-kelamaan menjadi taman.

“Jadi kami juga semangat, sampai akhirnya warga datang membawa bunga sendiri,” kisahnya.

Tidak hanya warga RT 8 yang memanfaatkan fasilitas tersebut. Anak-anak PAUD yang ada di sekitar RT banyak yang menjadikan taman itu tempat persinggahan belajar sekaligus bermain. Pelajar SMP dan SMA menjadikannya lokasi swafoto.

“Di sini (taman, Red) juga jadi lokasi warga melaksanakan senam rutin setiap Rabu dan Jumat,” tuturnya.

Dari rupiah berkat menjadi juara lomba, warga membelikan perlengkapan untuk menambah fasilitas taman. Seperti tanaman, ayunan, dan batu alam. “Sekarang kami juga mempunyai rumah toga (tanaman obat keluarga, Red) di belakang taman itu,” ujarnya.

Sementara itu, Lurah Berebas Tengah M Mahfuz menuturkan, pihaknya memilih RT 08 mewakili Berebas Tengah dalam lomba PHBS karena selain dilengkapi fasilitas cuci tangan dan pojok rokok. Di sana juga memiliki keunggulan yang tidak dimiliki RT lain, yakni ada taman RT.

“Mudahan bersama RT 08, kami bisa mempertahankan prestasi ini. Minimal bisa mengembangkan ke RT yang lain juga,” ujarnya. (*)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button