Kaltim

Panti Jompo Tak Kebagian Anggaran 

SAMARINDA – Minimnya alokasi anggaran yang dimiliki Pemkot Samarinda ikut berdampak pada alokasi anggaran yang akan disalurkan bagi rumah panti jompo. Kepala Dinas Sosial (Dissos) Samarinda, Ridwan Tassa mengatakan, alokasi anggaran bagi orang tua jompo dan terlantar baru akan diusulkan lagi oleh pihaknya di APBD 2019.

“Untuk tahun 2018 memang tidak dianggarkan. Karena kita tahu sendiri seperti apa keuangan Pemkot Samarinda. Tapi di APBD 2019 akan kami usulkan lagi anggarannya,” kata dia, Rabu (21/11) kemarin.

Ridwan sendiri enggan menyebutkan berapa besaran anggaran yang akan diusulkan untuk keperluan para orang tua jompo dan terlantar di Samarinda. Ia hanya berkata, anggaran tersebut tidak banyak dan menyesuaikan dengan kemampuan pemkot saja. “Kan masih dibahas juga. Anggarannya belum diketuk, jadi masih belum tahu,” ujarnya.

Alokasi anggaran yang dikucurkan Pemkot Samarinda nantinya, sambung Ridwan, akan diberikan melalui rumah-rumah panti asuhan. Sehingga bisa dialokasilan kepada orang-orang yang tak lagi memiliki sanak saudara.

Sementara untuk orang-orang terlantar, anggarannya akan ditangani langsung Dissos Samarinda. “Anggaran itu hanya untuk kegiatan operasional di jalanan. Seperti pemulangan orang tua jompo atau terlantar yang masih memiliki sanak saudara,” ucapnya.

Menurutnya, keterbatasan anggaran tersebut juga kerap menjadi batu sandungan dalam penertiban orang-orang terlantar. Bahkan acap kali, pihaknya sampai harus meminta bantuan dana melalui anggaran CSR perusahaan atau paguyuban yang bergerak di bidang tersebut.

“Karena tak jarang mereka ini sebenarnya memiliki keluarga namun di luar daerah. Pemkot lah yang membiayai kepulangannya,” kata dia.

Selain mengharapkan pendanaan di APBD, Dissos juga mengusulkan anggaran terkait itu langsung ke pemerintah pusat. “Kami mengharapkan bantuan pendanaan yang berasal dari APBN,” pungkasnya. (*/dev)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button