Olahraga

Tim Panahan Siap Tatap Porprov

BONTANG – Pembukaan pekan olahraga provinsi (Porprov) Kaltim ke-VI berlangsung tiga hari lagi. Kesiapan atlet terus digodok oleh tim pelatih di seluruh cabang olahraga (cabor).

Salah satunya cabor panahan yang mengaku siap bertarung dalam ajang olahraga bergengsi se-Kaltim tersebut. Bidang Kepelatihan Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Bontang Arifin Wahyu mengatakan, tiap hari 10 atlet rutin menjalani latihan.

“Persiapan kami sudah 100 persen tinggal mengurusi akomodasi dan transportasi atlet selama di venue porprov,” kata Arifin kepada Bontang Post, Selasa (27/11).

Dituturkannya, atlet pun telah digembleng secara fisik. Tujuannya agar stamina atlet tidak jatuh saat bertanding. Mengingat satu sesinya tiap atlet wajib melepaskan rambahan anak panah beberapa kali.

“Untuk menyiasati, atlet rutin melakukan lari sekira 2-3 kilometer,” tuturnya.

Segi mental pun menjadi catatan pelatih. Menu latihan yang diberikan ialah melakukan aduan terhadap rekan satu timnya. Tak tanggung-tanggung jika kalah maka wajib mendapatkan hukuman.

“Kalau ada atlet yang kalah wajib push-up,” ungkap pria yang juga menjabat sebagai pelatih ini.

Tak hanya itu, teknik bermain wajib dimiliki oleh 10 atlet pemanah terbaik Bontang. Bahkan, Arifin menilai akurasi dari para atlet sudah meningkat.

Sebelumnya, waktu latihan menjadi kendala lantaran sebagian atlet berstatus pelajar. Kondisi latihan pun harus berbenturan dengan fokus pemanah yang sedang menjalani ujian akhir semester.

“Akhirnya kami memilih untuk berlatih malam mulai pukul 19.00-21.00 Wita,” ucapnya.

Seperti diketahui, 10 atlet terbagi dari tiga nomor tanding yang diperlombakan. Nomor compound menjadi andalan tim Bontang. Pada nomor ini, Perpani akan mengirimkan lima pemanah. Rinciannya tiga putra dan dua putri.

Sementara untuk nomor recurve, sebanyak tiga atlet didaftarkan. Detailnya dua pemanah putri dan satu putra. Standar bow menjadi nomor yang hanya mengirimkan dua wakil dari Kota Taman. Keseluruhannya merupakan atlet putra.

Sebagai informasi, Perpani mematok tiga medali emas dan dua perak pada porprov kali ini. Dari 20 medali yang diperebutkan. Cabor ini akan memulai pertandingan perdana pada 6 Desember nanti. Adapun venue pertandingan ialah lapangan Panahan Jalan Soekarno Hatta, Sangatta. (ak)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button