Bontang

Si Peri Etnik Bakal Urus Perizinan Warga

BONTANG – Aplikasi Sistem Perizinan Elektronik (Si Peri Etnik) bakal diluncurkan akhir tahun ini. Sejatinya sistem tersebut dapat memudahkan mengurus perizinan di kantor Dinas Penanaman Modal, Tenaga Kerja, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTK-PTSP) Bontang yang sudah terprogram secara online.

Kepala DPMTK-PTSP Bontang, Puguh Harjanto menjelaskan, sistem tersebut merupakan aplikasi perizinan yang dapat dilakukan secara online. Tujuannya adalah semakin memudahkan masyarakat dalam mengurus perizinan yang nantinya dapat diakses kapan saja dan di mana saja.  Selain itu, program tersebut merupakan bentuk dukungan pada salah satu visi misi Bontang, yakni Smart City.

“Sistem tersebut merupakan yang pertama di Bontang khususnya di OPD kami (DPMTK-PTSP, Red.),” ungkapnya, Sabtu (8/12) kemarin.

Puguh memaparkan, dalam implementasi sistem tersebut, pihaknya akan melakukan perjanjian kerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bontang dalam memanfaatkan data kependudukan melalui NIK, Bankaltimtara dalam mengintegrasikan sistem retribusi yang dapat dilakukan melalui teller, ATM, sms banking, mobile banking dengan tujuan pembayaran tidak lagi melalui pihaknya, namun langsung pihak bank.

Kemudian Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) terkait tanda tangan elektronik (TTE) antara kepala Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik (Diskominfotik) Bontang mewakili Pemkot sebagai perpanjangan tangan BSSN dan BsrE.

Dia menambahkan, penerapan sistem tersebut merupakan implementasi rencana aksi DPMTK PTSP dengan pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam rangka pengurangan dan penghapusan penerimaan retribusi secara tunai. “Saat ini, program masih dalam tahap sosialisasi kepada admin OPD teknis yang ditunjuk,”  tutupnya. (ver)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button