Olahraga

Kempo Sumbang Sembilan Medali

BONTANG – Prestasi kembali diraih oleh kontingen Bontang pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Kaltim. Setelah cabor kempo berhasil menyumbang sembilan medali. Rinciannya, satu medali emas, dua perak, dan enam perunggu.

Medali emas dipersembahkan oleh Firmansyah dan Ibramsyah pada nomor embu pasangan putra tingkat kyu 2, Selasa (11/12) di Graha Expo, Sangatta. Pada nomor ini, atlet dinilai oleh lima juri dari segi kecepatan gerakan. Hasilnya tim pasangan kakak beradik ini mampu mengalahkan tim Kukar, Samarinda, dan Kutai Timur.

“Ini sebuah kebanggan bagi saya bisa mendapatkan medali emas. Mengingat perjuangan saat latihan juga sangat berat,” kata atlet kempo Bontang Firmansyah.

Dituturkannya, proses latihan sudah dijalani sejak satu tahun lalu. Tiap hari kedua saudara ini berlatih di Samarinda. Mengingat, mereka sedang menjalani pendidikan di Kota Tepian. Firmansyah merupakan pelajar di Sekolah Khusus Olahraga Indonesia (SKOI). Sementara, sang kakak tercatat sebagai mahasiswa di salah satu perguruan tinggi negeri di kota tersebut.

“Latihan dua kali. Setelah salat subuh hingga pukul 07.00 Wita, kakak ke SKOI berlatih dengan saya kemudian kuliah. Sorenya, dia kembali lagi berlatih ke sekolah saya selama tiga jam,” ungkapnya.

Prestasi ini dipersembahkan untuk warga Bontang, pelatih, orang tua, dan orang terdekat. Dukungan yang diterima selama ini membuat Firmansyah dan kakaknya tampil maksimal.

Firmasnyah mengaku ketertarikan dengan kempo akibat nasehat sang kakak. Ia menyukai olahraga bela diri itu sejak tahun 2014. Adapun satu tahun sebelumnya, Ibramsyah sudah berlatih kempo. “Kempo bela diri yang pas dengan diri saya,” ucapnya.

Tak hanya emas, pasangan ini juga turut menyumbang medali di nomor randori beregu putra 5 orang. Keduanya tergabung dengan komposisi atlet lainnya, yakni Dino Anggara Saputra, Dharmawan, dan Bintoro Wisnugroho.

Adapun medali perak diraih oleh Dino Anggara saputra pada nomor randori putra kelas 45-50 kilogram dan Ouky Syaptian Sofyan di nomor sama kelas 65-70 kilogram. Sementara tiga medali perunggu didapatkan pada nomor randori perorangan putri. Meliputi, kelas 42-45 kilogram, 45-48 kilogram, dan kelas 60-63. Dua medali perunggu lainnya diperoleh dari nomor embu berpasangan putri tingkat kyu 2 dan embu beregu putri 4 orang.

Abdul Sani Pelatih sekaligus sekretaris umum Perkumpulan Kempo Indonesia (Perkemi) Bontang mengatakan raihan kali melebihi target awal. Pasalnya sebelumnya, Perkemi hanya mematok kepada atlet untuk memperoleh tiga medali saja.

“Tidak berani memasang target lebih besar karena memang persiapan tidak begitu maksimal.Faktor tidak adanya pemusatan latihan itu menjadi penyebabnya,” kata Sani.

Sementara, daerah lain begitu jor-joran mendapat kucuran dana. Dana tersebut digunakan sebagai pemantapan persiapan atlet sebelum turun di porprov.

Ke depan, ia mengaku akan tetap melakukan pembinaan usia dini. Berupa sosialisasi ke sekolah-sekolah. Harapannya empat tahu ke depan atlet kempo lebih banyak lagi.

Bontang pada cabor kempo menurunkan 17 atlet. Berlaga pada 14 nomor dari 24 nomor yang dipertandingkan.  “Kukar dan Samarinda merupakan saingat terberat. Karena mereka memiliki atlet nasional bahkan pernah juara dunia. Berbeda dengan kita yang memang atlet lokal yang dibina sejak usia dini,” pungkasnya (ak)

TOTAL PEROLEHAN MEDALI PORPROV VI KALTIM 2018

Kontingen             Emas         Perak        Perunggu

  1. Kutim                183             131             150
  2. Samarinda       167              123             141
  3. Balikpapan      129              143             213
  4. Kukar                118             128             154
  5. Berau                  38               47               84
  6. Bontang             32               63               108
  7. PPU                    32               30               58
  8. Kubar                 26               31               60
  9. Paser                   17               33               45
  10. Mahulu                6               17               29

Sumber: PB Porprov, sampai 12 Desember pukul 17.20 Wita

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga

Close
Back to top button