Breaking News

Harga Kebutuhan Pokok Terpantau Stabil

SANGATTA – Jelang natal dan tahun baru, harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar terpantau stabil. Hal ini berdasarkan penelusuran dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kutim.  Kasi Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Kutim, Achmad Dony  mengatakan, di Sangatta ada beberapa pasar yang menjadi target pantauan. Diantaranya Pasar Induk, Pasar Sangatta Selatan, maupun Pasar Teluk Lingga Sangatta Utara.

“Ini kan mau pelaksanaan natalan, kalau harga terlalu mahal, kasihan masyarakat yang mau merayakan,” ujarnya saat diwawancarai, Kamis (13/12).

Menurutnya pemantauan ini masih dilakukan layaknya survei, belum melaksanakan sidak. Mengingat perayaan natal masih sekira dua minggu ke depan. Hanya saja, ia memastikan kebutuhan pokok warga masih stabil seperti biasanya. “Disperindag rutin saja pantau harga pasar, sampai sekarang aman masih harganya,” bebernya.

Memang ada beberapa tempat yang mengalami kenaikan, lanjut Dony. Hanya saja tidak signifikan dan melonjak tinggi. “Beberapa memang ada, tapi tidak begitu mahal. Sama halnya dengan gas, padahal tidak naik kalau belinya di pangakalan,” tuturnya.

Ia menjelaskan tujuan dilakukannya pemantauan pasar, salah satunya mencegah maraknya barang kadaluarsa yang beredar. Karena hal ini dapat merugikan masyarakat, baik dari segi materiel maupun dampak kesehatan. “Barang kadaluarsa sebenarnya sudah mulai kami cek sejak Senin, mulai dari toko modern hingga pedagang yang bisa membuat parsel,” ungkapnya.

Namun menurut pantauannya, hingga saat ini belum ada toko yang melakukan pembuatan parsel. Sehingga pihaknya hanya mengecek produk jenis makanan yang akan dimasukan ke parsel. “Belum ada yang buat-buat parsel, mungkin nanti mendekati 25 Desember baru dicek ulang,” ujarnya. (*/la)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button