Breaking News

Kontingen Menyatu, Berbaur Jadi Defile Cabor

SANGATTA – Usai sudah pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Kaltim. Pertandingan olahraga terbesar di Benua Etam yang diselenggarakan di Kutim itu punya juara baru. Tuan rumah dinyatakan menjadi juara umum setelah mengoleksi 183 emas. Berhasil menggeser kedudukan Samarinda di menit akhir pelaksanaan porprov yang hanya mengoleksi 167 emas.

Namun persaingan yang begitu ketat sepanjang pelaksanaan porprov, seakan hilang saat upacara penutupan Porprov VI Kaltim di Stadion Kudungga, Kutim, Rabu (12/12) malam. Para kontingan dari 10 kabupaten/kota justru terliat saling berbaur menjadi satu dalam defile cabang olahraga (cabor).  “Berbeda dengan pembukaan Porprov, pada penutupan defile yang tampil tidak berdasarkan kontingen lagi, namun menjadi satu dari seluruh daerah sesuai dengan cabor masing-masing,” kata Bupati Kutim, Ismunandar.

Ia pun menyampaikan rasa bangganya pada seluruh atlet, terlebih yang telah berlatih semaksimal mungkin. Acara tersebut bertambah meriah dengan dihibur oleh artis ibu kota seperti Jenita Janet dan Viola Arsa, maupun Risma Pantura.

Upacara penutupan Porprov 2018 juga diwarnai pesta kembang api.(Fuad Muhammad/KP)

Terpisah, Wakil Bupati Kasmidi Bulang, mengaku defile sengaja dibuat berbeda dengan pembukaan. Menurutnya hal itu karena semua atlet dari kabupaten/kota telah membaur dan menjalin silahturahmi. “Karena mereka sudah saling kenal satu dan lainnya, maka kami buat mereka tetap berbaur. Di sana tidak bisa kita lihat lagi mana Kutim mana kontingen lain, karena sudah merata,” tuturnya.

Terkait berita beberapa kota pulang sebelum penutupan dan memilih tidak mengikuti defile, Kasmidi menyanggah hal tersebut. Menurutnya pada penutupan, dia masih melihat perwakilan masing-masing daerah tetap hadir. “Sepertinya dari semua daerah masih ada. Balikpapan ada, apalagi Berau, mereka wajib hadir karena menjadi tuan rumah selanjutnya,” paparnya.

Acara tersebut berlangsung lancar dan meriah. Penutupan tersebut ditandai dengan penekanan sirine oleh Bupati Kutim, sekaligus penyerahan bendera porprov untuk tuan rumah berikutnya. Serah terima itu dimulai dari tuan rumah Kutim oleh Bupati Ismunandar kepada Ketua KONI Kaltim, Zuhdi Yahya dan dilanjutkan kepada Bupati Berau, Muharram.

Dalam sambutan singkatnya, Muharram mengatakan Berau siap untuk menjadi tuan rumah Porprov VII/2022 mendatang. “Kami sudah menyiapkan persiapan sejak lama, dan pelaksanaan Porprov VII siap kami sambut,” tutupnya. (*/la)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button