Advertorial

Peringati Bulan K3 Nasional 2019, Pupuk Kaltim Gelar Ragam Kegiatan

BONTANG – Buka Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Nasional tahun 2019, PT Pupuk Kaltim menggelar kegiatan Lintas Alam dan launching New You Challenge 2019 (penurunan berat badan). Bertempat di Halaman Parkir GOR Pupuk Kaltim, Sabtu (12/1), kegiatan ini mengangkat  tema “Wujudkan Kemandirian Masyarakat Indonesia Berbudaya K3 untuk Mendukung Stabilitas Ekonomi Nasional”.

Sesuai dengan keputusan Menaker nomor KEP.386 tahun 2014 tentang petunjuk pelaksanaan Bulan K3 Nasional tahun 2015-2019, setiap perusahaan diminta melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk membudayakan K3.

Ketua Panitia Bulan K3 Nasional 2019, Gatot Pramu Handoko dalam laporannya memaparkan serangkaian kegiatan Bulan K3 tahun 2019 Pupuk Kaltim yang ditujukan kepada karyawan Pupuk Kaltim beserta keluarga, pelajar SMA di Bontang, kontraktor serta masyarakat bufferzone. Adapun tujuan pelaksanaannya untuk meningkatkan kesadaran dan pemenuhan norma-norma K3, meningkatkan partisipasi semua pihak, baik itu keluarga, rekan kerja, maupun masyarakat sekitar untuk mengoptimalisasikan budaya K3 di setiap kegiatan.

“Serta mewujudkan terbentuknya budaya K3, baik di lingkungan perusahaan maupun lingkungan keluarga,” ucapnya.

Selain menggelar lintas alam dan program new you challenge, rangkaian kegiatan Bulan K3 tahun ini di antaranya demo masak sehat untuk mitra binaan Creating Shared Value (CSV), sosialisasi HIV/AIDS kepada masyarakat bufferzone, sosialisasi tanggap darurat bufferzone, fire rescue competition antarkompartemen, bufferzone, dan antarrekanan serta joint venture company (JVC), donor darah, video safety, survey safety culture, kuis K3 untuk pelajar SLTA se-Bontang, hingga kegiatan the best performance saferty contractor, safety champion award, launching life saving rules.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah, sedang, dan akan terus mengembangkan serta membudayakan K3 sebagai bagian dari kontribusi kita untuk membangun perusahaan. Sehingga dapat bersaing, tidak hanya di tingkat nasional tapi juga di tingkat internasional,” tutur Gatot yang juga menjabat sebagai Manajer Manufacturing Logam JPP Pupuk Kaltim.

Sementara itu, Direktur Produksi Pupuk Kaltim Bagya Sugihartana mengatakan, peringatan Bulan K3 merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Pupuk Kaltim. Bertujuan untuk selalu berpartisipasi aktif, membudayakan keselamatan dan kesehatan kerja di tempat kerja dan lingkungan masyarakat.

Lanjut Bagya, salah satu kegiatan dalam rangka penurunan berat badan itu dilaksanakan guna menumbuhkan kebiasaan hidup sehat pada karyawan, khususnya dalam mengatur pola makan dan exercise. Sehingga diharapkan pada seluruh karyawan memiliki berat badan ideal dan berdampak pada penurunan risiko penyakit metabolik di masa depan.

Pada kesempatan itu juga ia mewakili jajaran direksi dan manajemen Pupuk Kaltim mengucap syukur atas pencapaian 20.758.223 jam kerja aman tanpa kecelakaan sampai akhir Desember 2018. “Tentu saja kondisi ini dapat tercapai berkat kerja keras seluruh karyawan Pupuk Kaltim serta dukungan dari pihak-pihak terkait lainnya,” kata dia.

Di akhir sambutan, Bagya berharap seluruh karyawan dapat terus meningkatkan pencapaian jam kerja ini serta berperan aktif untuk melakukan berbagai upaya positif di bidang K3. Sehingga dapat tercipta kondisi lingkungan kerja yang aman dan sehat agar berdampak pada peningkatan produktivitas. (ra/adv)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button