Breaking News

Klaim Semua Tower Berizin

Wajib Berikan Asuransi Warga

SANGATTA –  Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (DKIPS) Kutai Timur (Kutim) mengklaim, jika semua tower yang tersebar di 18 kecamatan di Kutim memiliki izin resmi dari pemerintah. Hingga saat ini izin tersebut masih hidup dan tak satupun kedaluwarsa.

“Baik tower pemancar seluler, TV, maupun Radio, berizin dan masih hidup semua. Jadi tidak ada masalah sedikitpun,” ujar Kepala Dinas KIPS, Muhammad Herlyan Noor besama Kasi Keamanan Informatika dan Telekomunikasi, Sulisman dan Anca.

Beberapa menara yang dimaksud ialah, milik Telkomsel 50 tower, Indosat, 30 tower, Tower Bersama Group 20 tower, Solusi Tunas Pratama 14 tower, dan Protelindo 13 tower. Seluruhnya merupakan milik swasta. Sedangkan milik pemerintah terdapat tujuh tower. Dari kabupaten sebanyak empat tower dan provinsi tiga tower. (selengkapnya lihat grafis).

Hanya saja, empat dari tujuh yang dibangun pemerintah, belum dapat dimanfaatkan pembangunannya. Karena, masih terkendala fasilitas pendukung dan perlu adanya renovasi. Yakni terdapat di Kecamatan Sangatta Utara, Muara Ancalong, dan Busang. “Kalau yang lain aman semua. Sedangkan milik TV Kutim, RPD perlu renovasi. Karena towernya ada yang miring. Sedangkan untuk di Muara Ancalon dan Busang, fasilitas pendukung belum ada. Seperti Genset,” jelas mantan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) itu.

Disinggung kasus masyarakat dengan pengusaha tower, dirinya mengaku tidak ada permasalahan sedikitpun. Karena sebelum pemasangan, semua pihak saling mengaminkan. Terlebih, pemilik tower sudah mengikuti semua peraturan.

“Jadi sampai saat ini, warga tidak ada masalah. Karena sebelum tower dibangun, wajib izin sama warga sekitar juga. Jika warga sepakat baru bisa dibangun. Selain itu, diperhatikan  juga kontruksi tanahnya. Apakah bisa dibangun atau tidak. Jadi semua harus standar. Dan Alhamdulillah, semua tower tidak ada masalah sedikitpun,” katanya.

Yang tidak kalah penting, selain meminta izin kepada warga, pengusaha tower juga wajib memberikan sumbangsih kepada masyarakat. Sumbangsih tersebut sesuai dengan kesepakatan. Ditambah, wajibnya asuransi.

“Apa sumbangsinya, sesuai dengan permintaan warga. Tetapi mengenai asuransi, itu sudah diwajibkan. Semua warga yang berada dua kali lipat dari ketinggian tower, baik sebelah kiri, kanan, depan dan belakang, wajib mendapatkan asuransi. Itu semua untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya. (dy)

Tower yang berdiri di Kutim

Nama                                      Jumlah Tower

PT.XL Axata                                    8

PT.Indosat                                    30

  1. Solusi Tunas Pratama                14

PT.Tower Bersama Group              20

  1. Protelindo                                 13
  2. Telkomsel                                 50

PT.Daya Mitra Telekomunikasi       9

SCTV                                             1

Kabupaten                                     4

Provinsi                                         3

Total                                          152

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button