Nasional

Semen Indonesia Akuisisi Holcim

JAKARTA – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk resmi mengakuisisi PT Holcim Indonesia Tbk (SMCB) senilai Rp 12,96 triliun. Akuisisi tersebut membuat Semen Indonesia semakin mengukuhkan pangsa pasar perseroan di Indonesia.

Sekretaris Perusahaan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Agung Wiharto mengatakan, akuisisi tersebut bertujuan memperluas jaringan pabrik semen di dalam negeri. ”Meningkatkan efisiensi, khususnya biaya distribusi dan bahan baku,” katanya kemarin (1/2/2019).

Akuisisi tersebut diharapkan dapat memperluas diversifikasi jenis produk yang ditawarkan. Juga, memperkuat posisi bisnis ready mix dengan berbagai variasi produk dan solusi. Selain itu, dapat memperkuat sinergi di berbagai bidang untuk meningkatkan efisiensi.

”Pengambilalihan tersebut dilakukan oleh anak usaha perseroan, yakni PT Semen Indonesia Industri Bangunan (SIIB), sehingga menyebabkan perubahan pengendalian terhadap PT Holcim Indonesia Tbk,” jelasnya.

Saham yang dibeli sebanyak 6.179.612.820 lembar. Harga per saham mencapai Rp 2.097. Transaksi yang terjadi pada 31 Januari lalu tersebut membuat kepemilikan Semen Indonesia (SMGR) terhadap Holcim Indonesia menjadi 80,64 persen.

Holcim Indonesia merupakan perusahaan semen terbesar ketiga di Indonesia. Perusahaan tersebut memiliki empat pabrik semen dengan kapasitas 14,8 juta ton per tahun dan 30 fasilitas ready mix. Dengan demikian, akuisisi itu semakin memperkukuh posisi SMGR sebagai perusahaan semen terbesar di kawasan Asia Tenggara dengan kapasitas 53 juta ton per tahun. (vir/c11/fal/jpg)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button