Bontang

Taman Bontang Kuala Bakal Disulap Jadi Taman Superhero

BONTANG – Ruang Terbuka Hijau harus tersedia seluas 30 persen dari luasan kota. Di Bontang, sudah terdapat dua taman yang dibangun oleh pemerintah pusat, yakni Taman Tanjung Laut dan Taman Adipura. Di Bontang Kuala, sudah terdapat taman, namun tak bisa digunakan karena terkena banjir rob.

Alhasil, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (DPKPP) Bontang akan perbaikan dengan menaikkan pondasi taman supaya terhindar dari banjir rob.

“Kami lakukan peningkatan kualitas taman, yang belum ada sarana jogging-nya kami tambahkan,” kata Sekretaris DPKPP Bontang, Maksi Dwiyanto.

Khusus Taman Bontang Kuala, dilakukan peningkatan dengan meninggikan lahan di sampingnya. Maksi berujar, sudah merencanakan dengan konsep Taman Superhero. Tetapi, karena ada pergantian pejabat maka pihaknya fokus meninggikan pondasi supaya air laut tidak menggenangi taman. “Usai ditinggikan kami interkoneksi ke taman lama,” ujarnya.

Ketika lahan sampingnya sudah tinggi, dilanjutkan ke taman yang sudah ada. Terkait Superhero, hal itu merupakan iconic yang ditampilkan. Secara menyeluruh, pihaknya memiliki konsep bagaimana kebutuhan publik dengan komunitas. “Superhero itu hanya tampilan,”imbuhnya.

Menurutnya, setiap taman memiliki ciri khas masing-masing. Seperti Taman Adipura yang menampilkan piala Adipura, serta Taman Tanjung Laut dengan patung burung kuntul perak.

Terpisah, mandor petugas pertamanan, Marhamah Toba mengatakan Taman Adipura tak bisa ditanami sembarang pohon. Mengingat tanahnya yang tergerus air asin hingga beberapa pohon tak dapat berkembang dengan baik.”Hanya pohon yang bisa tumbuh di air asin saja yang ada di Taman Bontang Kuala,” terang dia.

Ia menyebut seperti pohon akasia, cemara angin, dan bunga agrelia. Sedangkan pohon pucuk merah tak tumbuh di taman yang berdampingan dengan Kantor Lurah Bontang Kuala. “Ada beberapa pohon yang bertahan jika kami beri pot. Kami sudah coba tanam jenis pohon lain, tapi tetap tidak tumbuh,” ungkapnya.

Pasukan hijau, Dewi yang bertugas disana mengaku jika air laut pasang taman tenggelam melewati turap yang sudah dibangun pemerintah. “Biasanya malam banjir rob-nya, saat air pasang memuncak,” tutupnya.(mga/prokal)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button