Ragam

Waspada, Penderita Jantung Koroner Makin Muda

Penulis Puthut EA bulan lalu harus masuk rumah sakit. Dia masuk rumah sakit pada malam setelah paginya mengalami gejala jantung berdebar-debar hingga keluar keringat dingin.

Pria 42 tahun itu tak menyangka dinyatakan terkena penyakit jantung koroner. Untung saja, dia tidak harus menjalani operasi.

“Hanya disuruh menurunkan berat badan dan tingkat kolesterol. Serta gaya hidup lebih sehat,” ucapnya.

Penyakit jantung koroner kini memang menjadi momok. Yang mengkhawatirkan, semakin banyak orang muda yang terkena penyakit tersebut.

“Semakin ke kini, semakin banyak orang muda usia 20-an yang terkena,” kata dokter spesialis jantung dan pembuluh darah RS PHC dr Feranti Muthia SpJP.

Di RS itu, setiap hari ada 20 pasien penyakit jantung koroner yang ditangani. Setiap bulan 3-5 orang meninggal akibat penyakit jantung koroner di RS tersebut.

Angka pasien lebih tinggi di RSUD dr Mohammad Soewandhie. Setiap hari RSUD yang beralamat di Jalan Tambak Rejo itu menangani 100 pasien penyakit jantung koroner.

Angka tersebut hampir setengah dari seluruh pasien yang mengunjungi poli di RS itu.

Dokter spesialis penyakit jantung dan pembuluh darah RSUD Soewandhie dr Samuel Sudanawidjaja SpJP menerangkan, penyakit jantung koroner merupakan penyempitan pembuluh yang disebut arteriosklerosis. (jar/c6/ano/jpnn)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button