Bontang

Pulau Gusung Gelap Gulita, Perbaikan PLTS Butuh Ratusan Juta

BONTANG –Kerusakan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Pulau Gusung, Kelurahan Guntung, harus segera ditangani. Mengingat, warga sangat membutuhkan listrik.

Wakil Wali Kota Bontang Basri Rase memerintahkan kepada tim teknis di bawah Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (DPKPP) untuk segera turun ke lokasi.

Setelah melakukan pengecekan, Basri berharap kepada tim untuk mencari solusi yang tepat. Sehingga aliran listrik dapat terdistribusi kembali ke tiap rumah.

Sehubungan dengan anggaran yang konon membutuhkan ratusan juta rupiah, Pemkot Bontang bakal berusaha. Koordinasi dengan bagian hukum Setkot pun segera dilakukan. Agar tidak terbelit masalah kemudian hari. “Karena ini emergency sifatnya jadi bisa melakukan pergeseran,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris DPKPP Maksi Dwiyanto menyebut belum ada pelimpahan wewenang sehubungan PLTS. Pasalnya, tanggung jawab perbaikan dan pemeliharaan PLTS berada di tingkat provinsi.

Hingga Minggu (10/2), Maksi belum menerima laporan terkait kerusakan PLTS dari pihak warga. Nantinya, petugas akan dikerahkan untuk melakukan verifikasi lapangan. Tujuannya untuk mengidentifikasi komponen yang rusak.

Sehubungan dengan anggaran, pihaknya akan mengusahakan agar perbaikan dapat dilakukan. Mengingat nomenklatur perbaikan PLTS ini tidak termuat dalam dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) APBD 2019.

“Operasional untuk ke sana pun tidak ada. Tetapi akan kami usahakan untuk di-switch saat pergeseran nanti,” terangnya.

Ketua RT 03 Guntung Zainuddin menyebut sampai Minggu kawasan di Gusung masih belum ada penerangan. Warga pun mengendalkan genset yang dimiliki pribadi ataupun cahaya lilin.“Kami masih mau melaporkan Senin (hari ini) ke OPD terkait. Kami sudah mengambil gambar komponen yang rusak,” kata Zainuddin.

Dipaparkannya, PLTS tidak dapat mendistribusikan aliran listrik kendati solar cell masih berfungsi menyerap sinar matahari. Diduga, komponen controller PLTS yang mengalami kerusakan.  “Jadi powernya tidak bisa menyala sehingga pendistribusian aliran listrik tidak dapat dilakukan,” jelasnya. (ak/far/prokal/zul)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga

Close
Back to top button