Bontang

Sehari, Dua Pengedar Sabu-Sabu Diamankan Polres Bontang

PENGUNGKAPAN peredaran narkoba semakin gencar dilakukan aparat kepolisian di wilayah hukum Polres Bontang. Apalagi peredarannya semakin memprihatinkan. Dalam sehari saja, Jumat (8/2/2019) lalu, Polres Bontang membekuk dua tersangka pengedar narkoba jenis sabu-sabu.

Pengungkapan pertama berlokasi di Jalan Batu Menetes, Desa Sebuntal, Kecamatan Marang Kayu, Kutai Kartanegara (Kukar). Sekira pukul 18.00 wita, Unit Reskrim Polsek Marang Kayu  mendapat informasi dari masyarakat. Bahwa di lokasi tersebut, sering di jadikan tempat atau akses jalur serta untuk melakukan transaksi narkoba.

“Berdasarkan informasi tersebut, anggota Unit Reskrim Polsek Marang Kayu mendatangi tempat yang dimaksud. Dan benar bahwa terdapat seseorang yang diduga sedang membawa Narkotika jenis sabu-sabu,” terang Kasubbag Humas Polres Bontang, Iptu Suyono melalui siaran pers yang diterima BontangPost.id.

Anggota Unit Reskrim Polsek Marang Kayu lantas melaksanakan pemeriksaan serta penggeledahan badan. Terhadap seseorang yang mengaku bernama Giovani Mamahit (20), warga Sebuntal. Dari penggeledahan itu di temukan berang bukti narkoba jenis sabu-sabu. Yang sempat dijatuhkan pada saat pelaku diberhentikan oleh pihak kepolisan.

Dari pengembangan penyelidikan, diketahui tersangka membeli sabu-sabu tersebut warga bernama Unyil di sebuah pondok yang berada di Citra RT 14 Desa Tanjung Limau, Kecamatan Muara Badan, Kukar. Selanjutnya unit Reskrim Polsek Marang Kayu dipimpin  langsung  Kapolsek  Marang Kayu Iptu Sugiharto melakukan pengerebekan dan pengeledahan pondok dimaksud.

“Dari penggerebekan itu, berhasil diamankan satu orang yang mengaku bernama Hairil. Yang pada saat itu berada di pondok dan mengaku telah membeli sabu-sabu dari Unyil. Dan dipakainya langsung (sabu-sabu itu) di pondok tersebut,” jelas Suyono.

Sayangnya pada saat dilakukan pengerebekan dan pengeledahan di pondok, Unyil berhasil melarikan diri. Selanjutnya tersangka dan barang bukti diamankan di Polsek Marang kayu untuk diperiksa dan dimintai keterangan lebih lanjut.

Barang bukti yang berhasil diamankan. (Dokumentasi Polres Bontang)

Pengungkapan kedua terjadi sekira pukul 22.30 Wita, kali ini bertempat di Jalan Sultan Hasanuddin RT 08 Kelurahan Berbas Pantai, Bontang Selatan. Pengungkapan berawal dari salah seorang personel Sat Resnarkoba yang mendapatkan informasi dari masyarakat. Bahwa di salah satu warnet akan ada transaksi narkoba.

Berdasarkan informasi tersebut, pelapor beserta anggota Resnarkoba Polres Bontang mendatangi warnet. Kemudian melakukan pemeriksaan dan penggeledahan terhadap seorang laki-laki yang dicurigai dan mengaku bernama Ahmad Isnaen Al Hanan alias Anang (19), warga Berbas Pantai.

“Pada saat penggeledahan ditemukan 1 buah plastik klip kecil yang diduga sabu-sabu. Dan uang sebesar Rp 550 ribu yang disimpan oleh pelaku di saku kanan depan celananya,” terang Suyono. Pelaku beserta  barang bukti lantas diamankan di Polsek Bontang Selatan untuk diproses lebih lanjut.

Adapun kepada para tersengka tersebut diancam dengan Pasal 114 dan Pasal 112 Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Dengan ancaman pidana maksimal 20 tahun penjara. (luk)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button