Bontang

Penyerahan Rumah untuk Nelayan Dipercepat

PENYERAHAN rusus nelayan dipercepat. Dari target awal April mendatang. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR) mempercepat penyerahan secara nasional, yakni 20 Februari.

Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni menyebut, rusus nelayan merupakan proyek strategi nasional yang dikolaborasikan dengan smart city Bontang. ”Alhamdulillah ini sangat membantu masyarakat Bontang. Malam ini (tadi malam) sudah bisa dihuni tinggal isi listrik saja,” ujar Neni.

Meski tinggal di daratan, Neni minta para nelayan tetap aktif mencari ikan, dan menjaga lingkungan rusus nelayan. “Surat izin penghunian sudah ada, dan saya sudah dapat undangan hibah barang dari kementerian,” ungkapnya.

Dari kementerian, lanjutnya program tersebut masih ada. Tinggal kesiapan lahan dari Pemkot Bontang mengingat pihaknya baru mau beraudiensi memohon pada Dirjen Perumahan Rakyat.

Sekretaris Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (DPKPP) Bontang Maksi Dwiyanto mengatakan, percepatan penyerahan dilakukan pada program yang menyasar langsung ke masyarakat. Para nelayan usai mendapat nomor rumah diberi penjelasan terkait kontrak penghunian.

Mereka diberi waktu selama 1 tahun kemudian akan dievaluasi, dan bisa diperpanjang kemudian dievaluasi lagi sampai 3 tahun. “Kami prediksi dalam tiga tahun nelayan tersebut sudah sejahtera,” kata Maksi.

Kriteria nelayan yang bisa menempati rumah dengan tipe 36 luas tanah 200 meter persegi itu yakin mereka yang terdampak perusahaan. Seperti nelayan Baltim, Salantuko, Loktunggul dari perusahaan PLTU, atau mereka yang tinggal di Pulau Tihitihi dan Selangan yang khawatir terkena bencana alam. “Tetapi memang ada permasalahan lain dari penghunian, yakni akses nelayan menuju laut. Itu menjadi tanggung jawab pemerintah untuk membuat infrastruktur dan dermaga dekat rusus nelayan,” bebernya.

Adapun nelayan yang mendapat rusus, yakni dari Pulau Selangan, Pulau Tihitihi, Salantuko, Loktunggul, Pagung, Teluk Kadere, Segendis, Sekangat, dan Baltim. (mga/far/k15/kpg)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button