Olahraga

Dorna Pastikan Indonesia Gelar MotoGP dan WSBK di 2021

MADRID-Dorna Sports SL, promotor ajang MotoGP kemarin secara resmi mengkonformasi telah menandatangani kesepakatan menggelar ajang MotoGP Indonesia pada 2021 mendatang. Bukan hanya MotoGP, Indonesia juga dipercaya Dorna untuk menjadi host satu event balap internasional lain yakni World Superbike (WSBK). Dua ajang itu rencanaya akan digelar di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Dorna menyebut kesepakatan kontrak kerjasama telah terjadi di Madrid pada 28 Januari 2019 lalu. Datang sebagai perwakilan Indonesia adalah jajaran direksi Indonesian Tourism Development Corporation (ITDC) yang merupakan perusahaan BUMN selaku pengelola kawasan wisata internasional Mandalika.

CEO Dorna Carmelo Ezpeleta membubuhkan tanda tangan langsung dalam acara tersebut. Sementara dari ITDC yang menandatangani perjanjian tersebut adalah Direktut Utama Abdulbar M. Mansoer. Hadir pula Duta Besar Indonesia untuk Spanyol yakni Hermono.

“Ini adalah sebuah proyek unik. Pembangunan sirkuit jalanan internasional di sebuah negara dengan fans MotoGP yang begitu luar biasa,” ucap Ezpeleta dilansir Motorsport. “Tidak diragukan, Indonesia adalah pasar utama kami. Dan itu akan semakin kuat saat sirkuit ini telah rampung,” tambahnya.

Ezpeleta menambahkan, perhelatan WSBK yang juga bakal digelar di Indonesia akan membuat fans lokal tanah air makin dimanja event motorsport kelas dunia dua kali dalam setahun. Di lain sisi, Abdulbar mengungkapkan pihaknya juga antusias dengan terwujudnya kesepakatan ini. Menurut rumor, kontra pertama Indonesia bersama Dorna ini dalam durasi tiga tahun.

Indonesia sebenarnya juga pernah menjadi tuan rumah MotoGP. Namun, saat itu ajang tersebut masih bernama GP 500cc. Balapan saat itu dilangsungkan di Sirkuit Sentul, Jawa Barat pada 1996 dan 1997. (irr/jpg)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button