Nasional

Adu Program Tema Dasar Kesra Menuju Debat Cawapres (1): KIP Kuliah vs Kesejahteraan Guru Honorer

Pendidikan menjadi salah satu topik debat ketiga yang digelar pada 17 Maret mendatang. Dua calon wakil presiden, Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno, akan memaparkan dan memperdebatkan tema krusial itu. Kartu Indonesia pintar (KIP) kuliah bakal menjadi program andalan paslon 01. Sementara itu, kandidat 02 akan berfokus pada kesejahteraan guru honorer.

———-

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Abdul Kadir Karding, mengatakan, fokus Jokowi pada periode kedua adalah penguatan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM). ’’Seperti infrastruktur di pemerintahan sekarang,’’ terang dia kepada Jawa Pos kemarin (11/3).

Pengembangan sumber daya manusia sangat penting agar masyarakat bisa menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan. Dengan keterampilan, secara otomatis mereka mudah terserap dalam dunia kerja. Jika mempunyai pengetahuan, teknologi, dan keterampilan, bangsa ini memiliki daya saing yang tangguh.

Ketua DPP PKB itu menerangkan, jalan untuk meraih pengetahuan, teknologi, dan keterampilan adalah melalui pendidikan. Peningkatan sumber daya manusia dilakukan dengan pengembangan pendidikan. ’’Salah satu jalannya ialah pendidikan,’’ tegas legislator asal dapil Jawa Tengah itu.

Karding menyatakan, pada pemerintahan sekarang, Jokowi sudah menyebarkan KIP. Pada kepemimpinan selanjutnya, paslon incumbent akan mengembangkannya dengan mengeluarkan KIP kuliah. Tujuannya, kata dia, Jokowi tidak ingin ada satu pun anak Indonesia yang tidak bisa kuliah.

Dengan KIP kuliah, anak dari keluarga yang tidak mampu bisa tetap melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Jadi, kata dia, tidak ada lagi anak Indonesia yang kandas mengejar mimpi gara-gara tidak bisa kuliah.

Selain KIP kuliah, Jokowi akan mempercepat pemerataan penyediaan sarana-prasarana pendidikan di seluruh wilayah. Tidak hanya sekolah umum, kandidat petahana juga akan memberikan perhatian terhadap pendidikan madrasah dan pesantren.

Di sisi lain, pasangan calon Prabowo-Sandi memiliki sejumlah isu pendidikan yang ditawarkan kepada masyarakat di debat ketiga pilpres nanti. Calon wakil presiden Sandiaga Uno menyatakan, isu yang berkembang di tengah publik saat ini adalah masalah tenaga kerja honorer K-2 yang sulit mendapat pengangkatan. Bersama Prabowo, dia berkomitmen untuk mengangkat kesejahteraan tenaga honorer.

’’Kami sudah bertemu forum honorer dan juga guru honorer langsung selama terjun ke daerah. Tuntutan mereka adalah peningkatan status dan itu komitmen kami,’’ kata Sandi saat ditemui di Jakarta.

Sandi juga sempat berdialog dengan mantan Menteri Pendidikan Anies Baswedan. Salah satu poin dari pembicaraan tersebut adalah upaya pemerintah meningkatkan kualitas dan kompetensi guru. Namun, hal itu belum diimbangi dengan kesejahteraan yang merata. ’’Kalau sistem pendidikan ini menitikberatkan kepada kompetensi dan kualitas, guru akan meningkat kualitasnya kalau punya kesejahteraan,’’ ujar mantan Wagub DKI Jakarta itu.

Visi Indonesia Menang yang diusungnya bersama Prabowo juga mengutamakan pendidikan karakter bangsa. Sandi menyatakan, pendidikan di Indonesia ke depan tidak hanya mengutamakan kecerdasan, tapi juga penanaman moral ataupun akhlak kepada setiap generasi. ’’Artinya, pendidikan ke depan harus tuntas, berkualitas, dan juga berkarakter,’’ ujarnya.

Isu lain yang akan diangkat adalah integrasi antara dunia pendidikan dan industri. Menurut Sandi, dirinya banyak menemui di daerah pelajar lulusan SMK yang menganggur. Mereka sulit untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan mereka.

Karena itu, perlu ada kesinambungan dari pendidikan vokasi tersebut. Sandi menilai harus ada sinergi antara perkembangan sektor industri dan kebutuhan jumlah tenaga kerja. Dengan begitu, mereka yang dinyatakan lulus dari pendidikan kejuruan itu bisa mendapat pekerjaan yang cocok dan sesuai dengan tuntutan zaman. (lum/bay/c19/fat/jpg)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button