Bontang

Upacara Gabungan TNI-Polri, Kapolres: Bijak Pakai Medsos Jelang Pemilu 2019

BONTANG – Pesta demokrasi terbesar di negara ini, yakni Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 akan terlaksana kurang dari sebulan lagi. Tak hanya penyelenggara pemilu saja yang makin giat bersiap, TNI dan Polri diharapkan juga turut menjaga jalannya pesta demokrasi tersebut. Pesan ini disampaikan oleh Kapolres Bontang AKBP Siswanto Mukti saat menjadi inspektur upacara dalam upacara gabungan TNI-Polri di Lapangan Makodim 0908/Bontang, Senin (18/3/2019). Lettu Arh Syaifullah turut menjadi komandan upacara, bersama Pasi Intel Kodim 0908/Bontang Lettu Inf. Leo Nardo sebagai perwira upacara.

Dalam amanatnya, kapolres menyebut dalam menghadapi Pemilu 2019 agar dapat mengantisipasi kemungkinan kerawanan yang timbul menjelang pelaksanaan pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres) 17 April mendatang. Ia menyoroti khusus kepada penggunaan media sosial (medsos), terutama dalam memosting foto dan video untuk menghindari politisasi pihak tertentu yang dapat berakibat negatif.

“Untuk itu berikan penekanan, penyuluhan kepada anggota dan keluarga agar lebih bijak dalam penggunaan media sosial. Hindari dampak negatif penggunaan media sosial dengan menyebarkan berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya atau hoaks,” ujar Siswanto di hadapan sekitar 200 orang peserta upacara.

Dalam kesempatan ini pula, orang nomor satu di Polres Bontang ini juga menyampaikan beberapa penekanan kepada para peserta upacara. Di antaranya meningkatkan pengendalian dan pengawasan pimpinan satuan untuk mencegah pelanggaran anggota di satuan masing-masing.

“Kami mengharap TNI-Polri bisa menjaga netralitas menjelang Pileg dan Pilpres 2019. Waspada keterlibatan dukungan dari personal terhadap salah satu pasangan calon, serta tingkatkan kepekaan terhadap perkembangan situasi di wilayah masing-masing. Kami mengharap jaga dan tingkatkan sinergitas, soliditas, serta keharmonisan antara TNI, Polri, dan pemda, juga aparat terkait lainnya, serta jalin komunikasi dan silaturahmi dengan sebaik-baiknya,” tegasnya.

Suasana upacara gabungan yang diikuti oleh personel TNI, Polri, serta Satpol PP di Makodim 0908/Bontang, Senin (18/3/2019). (Pendim Bontang)

Upacara gabungan ini merupakan agenda rutin bulanan dalam melaksanakan upacara bersama. Dalam penyelenggarannya dilakukan secara bergantian, mulai dari instansi Kodim, Rudal, maupun Polres. Kegiatan upacara gabungan TNI-Polri ini dilaksanakan dengan tujuan menjaga sinergitas dan soliditas TNI-Polri dalam meningkatkan kerja sama untuk keamanan dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat Kota Bontang.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Kasdim 0908/Bontang Mayor Arm Eko Sulistiyo S, Wakapolres Bontang Kompol Eko Alamsyah, Dan Den Arhanud 002/ABC Mayor Arh Reindi Trinugroho, Dansubpom Bontang Kapten Cpm Indardi, Danposal Bontang Kapten Laut M Daboke, para Perwira TNI-Polri, dan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bontang. (zul)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button