Bontang

Sudah 32 Persen, Dewan Yakin Proyek Pasar Rawa Indah Selesai Tepat Waktu

BONTANG – Kunjungan lapangan Komisi III DPRD Bontang ke proyek pembangunan Pasar Rawa Indah menunjukkan hasil yang menggembirakan. Rombongan yang dipimpin Ketua Komisi III, Rustam mendapatkan laporan dan menyaksikan langsung progres pembangunan pasar ini.

“Terakhir kami ke sini (Pasar Rawa Indah, Red.) Januari belum ada konstruksi dak. Sudah tiga bulan ternyata sedang menuju dak keempat. Berarti asumsinya satu bulan bisa menyelesaikan satu lantai,” ujar Rustam saat membuka pertemuan dengan manajemen PT Sasmito selaku kontraktor di lokasi proyek, Rabu (20/3/2019).

Hingga minggu kedua di Maret, kontraktor melaporkan kepada anggota dewan yang hadir bahwa progres pembangunan pasar sudah mencapai 32 persen. Jika dihitung sampai minggu ketiga, maka pembangunan proyek ini sudah mencapai 35 persen.

“Sudah on the track,” katanya singkat.

Sementara terkait dana yang telah dibayarkan kepada kontraktor dari Pemkot Bontang kini sudah mencapai Rp 21 miliar, dari total anggaran sebesar Rp 90 miliar. Rinciannya sebesar Rp 14 miliar sudah dibayar di depan sebagai down payment, sedangkan Rp 7 miliar baru saja dicairkan.

“Karena proyek ini merupakan multi-years contract (MYC), jadi kami mencicil pembayarannya. September 2019 proyek sudah selesai, 2020 pembayaran bisa dilunasi,” ujar legislator asal Partai Golkar ini.

Rustam berharap Pasar Rawa Indah ini jika selesai terbangun dapat memecah kemacetan yang selama ini terjadi di sekitar pasar sementara. Sementara itu anggota Komisi III lainnya, Suhut Harianto meminta PT Sasmito rutin melaporkan hambatan yang terjadi selama proyek berlangsung. Hal senada juga ditujukan kepada Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota (PUPRK), Tavip Nugroho yang turut hadir dalam kunjungan lapangan.

“Kalau ada proyek besar seperti ini, laporan seperti man power, schedule kegiatannya, tabulasi perlengkapannya, tolong kami dikasih tahu. Agar kami juga bisa membantu mencarikan solusinya jika ada hambatan,” ungkapnya.

Anggota Komisi III lainnya, Ridwan turut mengapresiasi progres pembangunan pasar yang dilakukan kontraktor. Ia meminta PT Sasmito untuk terus mempertahankan progres pembangunan ini.

“Harus terus dikejar, supaya selesai tepat waktu,” ucapnya.

Site Manager PT Sasmito, Ridho berujar beberapa hambatan dan kendala sempat terjadi di awal proyek. Seperti ketersediaan beberapa material ready mix, besi, dan lain-lain. Namun menurutnya semua permasalahan tersebut sudah bisa diatasi.

“Untuk besi kalau cari di Bontang atau Samarinda mahal. Kami cari langsung di Surabaya. Sudah ketemu, kami terkendala transportasi lagi. Beberapa kali terjadi gelombang tinggi. Jadi besi langsung sekalian minta kirim semua, sekarang tak ada pengiriman lagi,” jelasnya.

Kunjungan lapangan ke proyek pembangunan Pasar Rawa Indah ini juga diikuti anggota Komisi III lainnya, seperti Sulhan, Rusli, dan Agus Suhadi, serta perwakilan kelurahan. Pertemuan tersebut ditutup dengan melihat progres pembangunan di lantai 2 pasar. (zul)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga

Close
Back to top button