Bontang

Catut Nama Anggota Dewan untuk Peras Kontraktor

BONTANG – Manajemen PT Sasmito selaku perusahaan pemenang tender mega proyek pembangunan Pasar Rawa Indah kerap diganggu oknum tak bertanggung jawab. Oknum tersebut pada umumnya mengaku sebagai suruhan anggota dewan.

Site Manager PT Sasmito Ridho mengaku kejadian itu terjadi sejak Januari silam. Setelah Komisi III melakukan kunjungan lapangan ke lokasi proyek. “Setelah itu (kunjungan lapangan, Red) banyak yang datang ke sini mengaku suruhan dewan. Salah satunya mengaku sebagai suruhan dari ketua dan anggota Komisi III untuk meminta uang kepada kami,” kata Ridho.

Nominal yang diminta rata-rata dibawah Rp 10 juta. Bahkan ada salah satu oknum yang meminta bagian pengerjaan dari proyek tersebut. Tak hanya itu, oknum itu pun tak segan mengancam perusahaan jika permintaannya tak dipenuhi. Terberat ialah menyetop seluruh aktivitas pengerjaan yang sedang berlangsung.

Akan tetapi, PT Sasmito pun tak gegabah. Ia terlebih dahulu melakukan konfirmasi kepada anggota dewan bersangkutan. Hasilnya, anggota dewan tidak mengenali nama dari oknum tersebut.

“Kami juga tidak pernah sama sekali langsung memberikan sejumlah uang kepada seluruh oknum itu,” ucap dia.

Ketua Komisi III Rustam HS mendapat informasi salah satu oknum yang datang mencatut namanya. Akan tetapi, secara tegas, ia tidak mengenali nama dan perawakan yang telah disebutkan oleh manajemen perusahaan.

“Pastinya saya tidak kenal. Saya telah mendapatkan informasi dari manajemen katanya yang mencatut nama saya meminta Rp 3 juta. Saya minta kepada perusahaan kalau terjadi lagi laporkan ke aparat keamanan,” tutur Rustam.

Ia juga berharap kepada manajemen untuk berhati-hati pasca kunjungan lapangan Komisi III DPRD, Rabu (20/3) ini. Pasalnya, tidak menutup kemungkinan modus serupa terjadi kembali.

Diketahui, PT Sasmito memenangkan tender dengan nilai penawaran sejumlah Rp 90 miliar. Saat ini, Pemkot telah membayar kepada kontraktor sebesar Rp 21 miliar. Rinciannya, Rp 14 miliar sebagai uang muka dan Rp 7 miliar baru saja dicairkan. (ak/prokal)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Sumber
Prokal
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button