Bontang

Neni Minta Jaga Stabilitas Keamanan Jelang Pemilu

JAKARTA – Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni menghadiri rapat koordinasi nasional (Rakornas) yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Rabu (27/3) di Ballroom Hotel Grand Paragon. Kegiatan ini dalam rangka pemantapan penyelenggaraan pemilu serentak 2019.

Menurut Neni, rakornas ini sangatlah penting. Pasalnya, pemerintah daerah memiliki peran dalam pesta demokrasi lima tahun sekali tersebut.

“Rakornas ini penting baik bagi pemerintah daerah, kepolisian, kejaksaan untuk tetap menjaga stabilitas keamanan daerah jelang pemilu, 17 April mendatang,” kata Neni.

Neni berujar pasti ada perbedaan pilihan di kalangan masyarakat Kota Taman. Akan tetapi, ia menekankan untuk tetap menjaga persatuan bangsa.

“Tidak mungkin orang pilihannya sama. karena kita adalah negara yang dibangun oleh perbedaan untuk bersama,” ujar dia.

Pemkot juga bakal memerangi berita hoax yang beredar. Mengingat, berita hoax dapat menimbulkan keresahan warga dan memecah persatuan yang telah terjalin.

Salah satu peran pemerintah berkenaan dengan urusan pembiayaan penyelenggaraan. Baik kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Salah satu yang dilakukan oleh Pemkot Bontang, memberikan pakaian bagi perlindungan masyarakat (Linmas). Mengingat, linmas bakal bertugas menjaga tempat pemungutan suara saat pemilu. Totalnya mencapai seribuan petugas.

Selain itu, kebijakan Pemkot Bontang juga menyiapkan konsumsi linmas. Baik H-1 maupun sehari pasca pemungutan suara.

“Satu-satunya yang memberikan seperti itu di Indonesia hanya Kota Bontang,” tuturnya.

Di samping itu, Pemkot juga bakal memberikan bantuan serupa kepada panitia pemilihan kecamatan (PPK). Hal tersebut sesuai regulasi dan amanah undang-undang.

“Pemerintah sangat dibutuhkan peranannya agar pemilu berjalan lancar,” ucap Neni.

Pemilih pada pemilu kali ini bakal memasukkan lima kertas suara ke kotak yang telah disediakan penyelenggara. Meliputi, DPRD Kota, DPRD provinsi, DPR RI, DPD, dan Presiden.

Sementara, kegiatan rakornas dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Wiranto. Menurutnya, pemilu serentak ini butuh persiapan yang serius. Ia berpesan agar menjaga persatuan bangsa. “Kalau persatuan ini tidak bisa dijaga maka negara ini bisa hancur,” pungkas Wiranto. (ak/prokal)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Sumber
Prokal
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button