Bontang

Jelang Pemilu, Perekaman e-KTP di Bontang Capai 98 Persen

BONTANG – Menjelang Pemilu 2019, perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kota Taman sudah mencapai 98 persen atau 122.798 jiwa. Meski tidak terjadi lonjakan yang signifikan, namun sebulan terakhir perekaman terus dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bontang.

“Normal saja seperti biasanya. Tidak ada lonjakan. Malahan kami jemput bola,” sebut Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Mohamad Karnadi, Senin (1/4/2019).

Dia menyebut, penduduk wajib KTP tersisa 2 persen atau 1.377 jiwa yang belum merekam. Data ini telah dirilis per 1 April 2019. Sebulan terakhir, Disdukcapil Bontang memang menggenjot perekaman dengan sistem menjemput bola, agar masyarakat yang belum ber KTP segera memiliki identitas itu.

Untuk mendorong percepatan perekaman jelang Pemilu, Dirjen Dukcapil telah menerbitkan surat edaran nomor 471.13/2518/dukcapil. Dalam surat tersebut, disdukcapil di level Kabupaten/Kota diinstruksikan untuk tetap membuka pelayanan pada Sabtu, Minggu dan hari libur nasional.

“Sudah dilaksanakan sejak 16 Maret sampai 14 April nanti. Yang belum, silakan merekam. Kami sudah menjemput bola dan turun langsung ke rumah warga,” jelasnya.

Selain usia umum, Disdukcapil juga memetakan pemilih pemula. Di Kota Taman sendiri terdapat 2.586 jiwa pemilih pemula. Yang sudah melakukan perekaman sebanyak 2.101 jiwa atau 81 persen. Sedang yang belum, yakni 485 jiwa atau 29 persen.

Meski dirinya tak menyebutkan berapa jumlah penduduk yang merekam setiap pekannya, akan tetapi Karnadi mengatakan, ada perbedaan pelayanan sistem jemput bola dengan pelayanan yang masyarakat sendiri datang ke kantor Disdukcapil.

“Perbedaan mungkin dari segi waktu. Lebih cepat jika sistem jemput bola. Tapi perbedaan tidak signifikan. Hanya segitu-segitu saja yang merekam,” tambahnya.

Disdukcapil Bontang tengah fokus menyelesaikan dan mendorong masyarakat agar jumlah 1.377 jiwa yang tersisa tersebut segera merekam e-KTP. (mam)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga

Close
Back to top button