Bontang

Enam Raperda Inisiatif DPRD Diserahkan ke Wali Kota Bontang

BONTANG – DPRD Bontang menyampaikan nota penjelasan enam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda), dalam rapat Paripurna DPRD, Senin (8/4/2019). Penyampaian ini dibacakan langsung anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), Suhut Harianto.

Enam raperda tersebut, pertama Raperda tentang Pengelolaan Zakat, Infaq, Sedekah, dan Dana Sosial Keagamaan lainnya. Kedua Raperda tentang Penyelenggaraan Transportasi Jamaah Haji. Ketiga Raperda tentang Tata Kelola Perikanan dan Tempat Pendaratan Ikan.

Keempat. Raperda tentang Pemberdayaan Lembaga Adat dalam Pelestarian Kebudayaan Lokal. Kelima Raperda tentang Pemakaman. Terakhir Raperda tentang Pengelolaan Permukiman Masyarakat di Atas Air.

Raperda ini, Suhut menilai sangat penting. Raperda tentang Pengelolaan Zakat, Infaq, Sedekah, dan Dana Sosial Keagamaan misalnya. Potensi dalam setiap daerah berbeda-beda. Karakteristik potensi tersebut harus mendapat pengaturan sehingga menjadi sistem pengelolaan yang tepat sasaran.

Idealnya, pengelolaan zakat dapat menunjang kemandirian ekonomi daerah bagi muzakki (orang yang mengeluarkan zakat) untuk didistribusikan kepada mustahik (orang yang berhak menerima).

“Zakat harus dikelola oleh lembaga (amil) yang profesional, amanah, bertanggungjawab, memiliki pengetahuan yang memadai tentang zakat, serta memiliki waktu yang cukup untuk mengelolanya,” ujar Suhut dalam membacakan nota penjelasan.

Selain itu, pengelolaan zakat harus dilaporkan kepada pihak-pihak yang berwenang dan juga kepada publik secara terbuka. Raperda ini mengamanahkan kepada Pemerintah Daerah untuk melakukan pembinaan secara komprehensif dengan melibatkan pengawas eksternal yang bersifat preventif.

Rapat yang dipimpin langsung Ketua DPRD Bontang, Nursalam menyampaikan tanggapan Wali Kota Bontang terhadap enam raperda tersebut selanjutnya akan dijadwalkan oleh Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Bontang.

Usai dibacakan, laporan enam raperda inisiatif DPRD Bontang diserahkan kepada Wali Kota Bontang untuk mendapatkan jawaban. (mam)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button