Bontang

Goes to School, FJB Beri Pelatihan Jurnalistik di SMK Putra Bangsa

BONTANG – Forum Jurnalis Bontang (FJB) Goes to School menggelar pelatihan jurnalistik di SMK Putra Bangsa (PB), Kamis (11/4/2019). Kegiatan ini digelar untuk memberikan pemahaman terkait dunia jurnalistik dan menangkal berita-berita hoaks.

Puluhan siswa-siswi SMK PB begitu antusias mengikuti pelatihan jurnalistik yang disampaikan pemateri-pemateri dari jurnalis berpengalaman di media cetak maupun online.

Ketua FJB, Edwin Agustyan mengatakan pentingnya para siswa maupun siswi mengetahui ilmu jurnalistik. Apalagi tahun ini merupakan tahun politik. Di mana banyak pemberitaan yang tidak benar. Dirinya mengajak agar memahami informasi-informasi tersebut.

“Kami dari FJB turut memberikan langsung pengalaman, dan ilmu jurnalistik kepada peserta,” ujarnya.

Pria yang juga bekerja sebagai jurnalis di harian Kaltim Post itu menyampaikan, pelatihan serupa tidak hanya dilakukan di satu sekolah saja. Akan tetapi nantinya akan dilaksanakan di setiap sekolah menengah pertama, maupun kampus di Kota Taman.

“SMK PB ini sekolah pertama kami datangi. Rencananya, setiap bulan dua sekolah yang diberikan pelatihan. Agenda ini program pertama FJB,” imbuhnya.

Pria ramah senyum ini pun mengajak para peserta agar mengikuti pelatihan ini dengan baik. Sebab, tidak menutup kemungkinan, setelah menyelesaikan pendidikan ada yang berbakat menjadi seorang jurnalis maupun pewarta.

“Semoga materi yang disampaikan oleh pemateri dapat diserap dengan baik. Seorang jurnalis tidak hanya diliat dari kehandalan menulis, akan tetapi harus dibarengi dengan membaca. Sehingga wawasan semakin luas,” tambahnya.

Hadirnya FJB ke sekolah kejuruan tersebut, disambut baik Kepala SMK PB Sriyatin. Ia memberikan apresiasi kepada FJB yang ingin berbagi ilmu kepada siswa-siswinya. Sebab, dirinya mengaku tak ada materi seperti ini diberikan ke anak didiknya.

“Terima kasih FJB. Kami berharap anak-anak dapat mengambil ilmu yang diberikan dan mengaplikasikan secara mandiri, agar dapat menghasilkan karya tulis, baik sebuah berita dan informasi,” harapnya.

Diketahui, pekan depan FJB kembali melaksanakan pelatihan jurnalistik di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bontang. (mam)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button