Ragam

Jangan Konsumsi 5 Makanan Ini Saat Masih Mentah

Cara masak tertentu dikatakan bisa membuat Anda terkena suatu penyakit. Misalnya saja, menggoreng makanan. Cara masak seperti itu bisa membuat Anda terkena penyakit jantung.

Sedangkan, cara masak dengan dibakar bisa memicu kanker. Kalau sudah begitu, apa yang mesti Anda lakukan? Haruskah Anda mengonsumsi makanan yang masih mentah?

Memang, ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi saat masih mentah. Makanan-makanan yang termasuk biasanya bersifat sebagai lalapan, seperti daun-daun muda, mentimun, petai, dan sejenisnya.

Akan tetapi, ada pula makanan yang sebaiknya tidak Anda konsumsi saat masih mentah. Makanan seperti ini harus diolah terlebih dahulu agar layak dikonsumsi. Dilansir dari Reader’s Digest, ragam makanan yang wajib dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi adalah:

1. Kentang

Seorang Kepala Petugas Nutrisi bernama Dr. Lisa Davis mengatakan kepada Reader’s Digest bahwa mengonsumsi kentang mentah bisa menyebabkan kembung dan efek gastrointestinal. Hal itu terjadi karena kentang mengandung pati yang sulit dicerna.

Bahkan, ketika kentang mentah disimpan dalam waktu lama di ruangan hangat dan lembap, jenis makanan itu dapat berubah warna menjadi hijau dan mengembangkan racun yang disebut solanine.

Jika kentang yang Anda punya memiliki bintik-bintik hijau, jangan diolah dan dikonsumsi, karena kentang tersebut bisa menyebabkan keracunan.

2. Kacang merah

Kacang merah memang mengandung banyak protein, serat, dan antioksidan. Namun, Anda sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya sebelum dimasak karena bisa menyebabkan gangguan perut.

Itu karena kacang merah mentah mengandung toksin phytohemagglutinin yang dapat memicu ketidaknyamanan pencernaan dan gejalanya mirip dengan keracunan makanan. Jadi, sebelum dikonsumsi, pastikan Anda merebus kacang merah minimal selama 10 menit.

3. Sosis

Anda mungkin pernah berpikir bahwa sosis bisa dimakan mentah karena sebelumnya sudah matang sebelum akhirnya dikemas. Meski begitu, Anda sebaiknya tidak mengonsumsinya sebelum dimasak lagi. Ini karena sosis dapat terkontaminasi oleh bakteri Listeria, yang hanya bisa dibunuh oleh proses pemanasan kembali. Lagi pula, sosis akan terasa lebih enak ketika sudah dimasak, bukan?

4. Terong

Bila tidak dimasak, terong masih mengandung solanin ? racun yang sama seperti kentang mentah. Bahkan, bila yang dimakan adalah terong muda mentah, maka kemungkinan Anda untuk mengalami keracunan juga akan lebih besar karena kandungan toksinnya sangat banyak.

Bukan cuma memicu efek gastrointestinal, terong mentah juga dapat menyebabkan alergi pada orang-orang tertentu.

5. Jamur

Jamur mengandung antioksidan, vitamin B, dan kalium. Tapi, untuk mendapatkan manfaat dari zat gizi tersebut, Anda mesti memanaskannya atau memasaknya terlebih dahulu.

Faktanya, jamur mentah sulit dicerna dan mengandung salah satu sumber toksin yang paling terkonsentrasi secara alami, yaitu agaritinie. Berbagai penelitian mengatakan, agaritine pada jamur bersifat karsinogenik.

Ketika Anda terlalu sering mengonsumsi jamur mentah, maka risiko jangka panjang seperti kanker akan lebih tinggi.

Mengonsumsi makanan yang tidak melalui proses pengolahan memang sah-sah saja. Namun, Anda wajib memperhatikan jenis makanan yang dipilih agar tidak menjadi bumerang bagi kesehatan.

Hal ini sangat penting untuk dilakukan, apalagi bila Anda adalah seorang wanita hamil. Menurut dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter, ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi apa pun yang bersifat mentah, baik sayur, telur, susu, daging, atau ikan agar tidak bahaya kesehatan yang mengancam keselamatan ibu dan bayi.(NB/ RVS/klikdokter)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Sumber
JPNN
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga

Close
Back to top button