Bontang

Selisih 28 Suara, Sitti Yara Melenggang

BONTANG – Pertarungan perolehan suara terjadi di internal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Khususnya, di daerah pemilihan (Dapil) Bontang Utara. Antara Sitti Yara dengan Punirah Wahyuni.

Di mana kepastian kursi kedua diketahui saat akhir rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan. Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) PKB Bontang Nizar Syamsi membenarkan kondisi tersebut.

“Benar, setelah semua data kami juga terkumpul maka yang berhasil duduk sebagai dewan pada kursi kedua PKB ialah Sitti Yara,” kata Nizar.

Penyebab keterlambatan kepastian tersebut ialah tidak lengkapnya salinan C1 yang disetorkan ke Bapilu. Konon, beberapa saksi yang dibawa oleh caleg sengaja melakukan penahanan.

“Ada sekira 10 salinan C1 yang lambat disetor. Maklum erat kaitannya dengan sikap emosional dari saksi tersebut. Namun situasi itu sudah reda setelah Bapilu dengan tegas meminta data tersebut,” ucapnya.

Selain itu, Bapilu PKB pun mencocokkan dengan data milik partai lain. Sehingga, data saat ini sesuai dengan rekapitulasi kecamatan.

Diketahui, Sitti Yara mendapatkan total suara 1.467. Angka tertinggi diraih di Kelurahan Loktuan dengan 445 suara. Sementara, Punirah Wahyuni hanya memperoleh 1.439 suara. Selisih 28 suara dari kursi kedua PKB. Basis dukungan terbesar yang didapatkan Punirah, terdapat di Kelurahan Gunung Elai. Dengan raihan 559 suara.

Sebelumnya kursi pertama di dapil Bontang Utara dipastikan milik Junaidi. Caleg nomor empat PKB ini berhasil menyabet 1.969 suara. Jumlah suara terbanyak diraih di tempat domisilinya yakni kelurahan Bontang Kuala. Dengan total 871 suara.

Sebelumnya, satu kursi tambahan PKB didapatkan di dapil Bontang Selatan. Melalui Abdul Haris dengan perolehan suara 1.308. Unggul 44 suara dari urutan kedua yakni Yusuf.

Nizar menuturkan keberhasilan mendapatkan tiga suara ini akibat konsolidasi partai yang intens. Di samping itu, pengurus DPC pun melakukan seleksi pemilihan caleg yang bakal diusung sejak tahun lalu.

“Kami memulai dari awal karena mencari kader yang mau masuk PKB,” pungkas dia. (ak/kpg)

Tiga Besar Perolehan Caleg PKB di Dapil Bontang Utara

Nama Jumlah Suara Total
Apiapi Bontang Baru Bontang Kuala Gunung Elai Loktuan Guntung
Junaidi 392 234 871 144 189 139 1.969
Sitti Yara 295 186 100 291 445 150 1.467
Punirah Wahyuni 202 73 72 559 398 150 1.467

Sumber : Hasil Rekapitulasi Kecamatan

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga

Close
Back to top button