Ragam

Saat Sahur, 5 Asupan ini Jangan Disepelekan

Selama bulan Ramadan kita harus pandai mengatur pola makan agar tetap kuat menjalani aktivitas saat puasa.

Saat sahur, minumlah banyak cairan, pilih pula makanan kaya cairan untuk memastikan Anda terhidrasi dengan baik untuk hari berikutnya sehingga tidak mengganggu aktivitas. Coba pilih makanan bertepung, tinggi serat atau varietas gandum jika memungkinkan karena cenderung dicerna lebih lambat sehingga memungkinkan untuk penyimpanan energi anda.

Di bawah ini adalah beberapa contoh:

1. Oat

Oat merupakan gandum utuh dan Anda bisa mencampurnya dengan muesli, air, yoghurt ataupun susu, sehingga dapat memberikan asupan cairan sekaligus serat. Anda juga dapat bereksperimen dengan buah segar atau kering, kacang-kacangan, dan biji-bijian sebagai topping untuk memenuhi nutrisi yang lebih lengkap.

2. Sereal

Sereal merupakan makanan sarapan berserat tinggi. Makanan ini juga diperkaya dengan vitamin dan mineral serta memberikan nutrisi tambahan. Karena dikonsumsi bersama susu, anda juga mendapatkan cairan dan nutrisi seperti kalsium, yodium, dan vitamin B dari susu.

3. Makanan dengan kabohidrat seperti nasi

Makanan jenis ini juga turut menyediakan energi anda selama puasa pada hari tersebut. Hanya saja harus dipastikan tidak dalam porsi yang terlalu banyak dan terlalu asin, karena tinggi kalori dan memicu kehausan.

4. Yoghurt

Yoghurt bisa menjadi makanan yang baik untuk dimasukkan pada menu sahur karena menyediakan nutrisi seperti protein, kalsium, vitamin B, dan juga mengandung cairan. Anda bisa mengombinasikannya dengan sereal dan buah seperti pada contoh di atas.

5. Roti

Pilihlah roti dari jenis gandum karena ini menyediakan lebih banyak serat, misalnya roti gandum atau chapatti. Hindari menggabungkan roti dengan makanan asin seperti keju atau daging yang diawetkan. Karena roti cukup kering, pastikan Anda minum banyak air atau cairan lainnya, atau Anda bisa menambah makanan kaya cairan seperti sup.

Dalam sebulan penuh puasa Ramadan, hendaknya Anda perlu selalu memperhatikan keseimbangan antara pola makan yang sehat, olahraga rutin, serta istirahat yang cukup. Sehingga tujuan anda setelah berpuasa dapat tercapai, yaitu kesehatan jasmani dan rohani.(MS/ RVS/klikdokter/jpnn)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Sumber
JPNN
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button