Bontang

Neni Tinjau Harga Bahan Pokok, Ini Hasilnya

BONTANG – Melonjaknya harga bawang putih di Kota Taman mendapat perhatian dari Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni. Ia meninjau langsung tiga pasar tradisional untuk memastikan harga-harga bahan pokok masih dapat dijangkau masyarakat.

Dari pantauannya di Pasar Sementara Rawa Indah, Neni menemukan masih ada beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan harga. Di antaranya bawang putih serta kelapa. Katanya, harga bawang putih masih menyentuh angka Rp 100-150 ribu.  Hal ini lantaran izin impor bawang putih baru keluar usai pilpres. Sedangkan bawang impor yang telah masuk Samarinda mulai Senin sebanyak 26 ton, dan selanjutnya Kamis mendatang sebanyak 56 ton juga belum sampai di Kota Taman.

“Sekitar sore nanti katanya baru masuk,” ungkapnya, Selasa (7/5/2019).

Sedangkan kelapa menurutnya, kenaikannya tidak signifikan dari sebelumnya Rp 7 ribu mengalami kenaikan sebesar Rp 3 ribu menjadi Rp 10 ribu. “Cuma pengaruh bahan lokal saja yang kurang,” ucapnya.

Akan tetapi ada juga bahan pokok sayur sayuran yang mengalami penurunan, seperti bayam dan kacang panjang. “Banyak juga kok yang turun harganya,” katanya.

Dijelaskannya, kegiatan monitoring harga yang telah dilakukan pihaknya sebanyak dua kali sebelum Ramadan dan saat ini adalah satu langkah pemerintah dalam menjaga stabilitas harga selama puasa hingga lebaran ke depannya. “Ya ini salah satu langkah antisipasi,” ucap orang nomor satu di Bontang ini.

Sementara itu Kabag Sosial dan Ekonomi Setda Bontang, Agus Wati yang turut mendampingi Neni mengatakan, jika bawang putih tersebut telah sampai di Kota Taman, harganya dipastikan akan turun hingga 50 persen. “Target dari Disperindag Provinsi turun sampai Rp 50 ribu,” tambahnya.

Pihaknya akan melakukan monitoring harga kembali jika komoditas tersebut tiba. Jika masih ada yang menjual di atas harga tersebut, sesuai dengan undang undang akan ditindak. “Sekarang kan kewenangan penindakan di Provinsi, jadi nanti kami akan berkoordinasi,” ucapnya.

Turut mendampingi Neni pada saat tinjauan, Kapolres Bontang AKBP Siswanto Mukti, Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan (Diskop-UKMP) Asdar Ibrahim, serta Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Pertanian (DKP3) Bontang, Aji Erlynawati. (zae)

 

Daftar Harga Bahan Pokok

NamaHarga

Rempah-rempah

LaosRp 10 ribu/Kg
KencurRp 50 ribu/kg
JaheRp 28 ribu/kg
KunyitRp 15 ribu/kg

Cabe

Cabe tiungRp 32 ribu/kg
Cabe rawitRp 75 ribu/kg
Cabe keritingRp 40 ribu/kg
Cabe merah besarRp 36 ribu/kg

Bawang

Bawang putihRp 100 ribu/kg
Bawang merahRp 40 ribu/kg
Bawang BombayRp 30 ribu/kg
Daun bawangRp 28 ribu/kg

Beras

Cap MawarRp 11 ribu/kg
Rojo leleRp 12 ribu/kg
BerlianRp 12 ribu/kg

Sumber: Diskop-UKMP

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga

Close
Back to top button