Bontang

Peminat Kapal Tinggi, Armada Bontang Dikurangi

BONTANG –  Meningkatnya intensitas pemudik yang menggunakan kapal laut akibat tingginya harga tiket pesawat, tidak membuat Pelni melakukan penambahan armada di Bontang. Melainkan mengurangi satu armada yang melayani rute melalui Kota Taman ini.

Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Perhubungan Dinas Perhubungan (Dishub) Bontang, Welly Sakius mengatakan sejak pekan lalu, tiket kapal Pelni untuk keberangkatan 25 dan 22 Mei yang dijual oleh agen telah ludes terjual. Saat ini yang tersisa hanyalah tiket kapal swasta saja. “Tiket Binaiya sudah habis dari Senin atau Selasa minggu lalu,” ungkapnya saat dihubungi Bontangpost.id, Senin (13/5/2019)

Untuk mengantisipasi tingginya peminat kapal laut, tiga bulan lalu Dishub Bontang telah bersurat untuk penambahan armada. Akan tetapi bukannya kabar gembira yang didapat, melainkan harus menerima kenyataan kapal Pelni yang biasanya melalui Bontang ini sebanyak dua kapal, KM Binaiya dan KM Egon, pada mudik kali ini malah dikurangi satu kapal. “Malah tahun ini armada berkurang Kapal Egon,” tambahnya.

Dijelaskannya, KM Egon dialihkan untuk melayani rute Sampit, Surabaya dan Pontianak. Alasannya, Pelni menilai jalur tersebut lebih padat dari Bontang. “Sekarang jadi sisa Binaiya, Queen Soya dan satu lagi kapal jalur ke Mamuju yang sebulan sekali,” terangnya.

Dijelaskannya saat ini pihaknya  berharap adanya penambahan tiket kapal Pelni yang diberikan oleh Kementerian Perhubungan seperti 2018 lalu. Tahun lalu mendapatkan 30 persen dari kapasitas penumpang kapal, yang biasanya 1.200 orang bertambah menjadi sekitar 1.700 orang   “Tanggal berapa dan berapa tambahannya itu belum tahu, masih menunggu dari Pelni,”  ujarnya.

Selain itu, ia juga menunggu adanya penambahan jadwal keberangkatan yang dilakukan oleh kapal swasta yakni KM Queen Soya. Karena jika melihat tahun sebelumnya ada penambahan jadwal. “Biasanya satu minggu sebelum lebaran tambah 2 atau 3 kali keberangkatan,” katanya.(zae)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button