Bontang

UMKM Sulit Akses Jasa Perbankan, Pemkot Dorong Perbankan Permudah Pengkreditan

BONTANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang masih menilai usaha mikro kecil menengah (UMKM) memiliki peranan sangat besar dalam mendukung perkembangan ekonomi di daerah. Sebab itu pihaknya mendorong seluruh perbankan yang bergerak di Kota Taman untuk mendukung UMKM.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Bontang, Puguh Harjanto mengatakan, agar perbankan dapat memberikan perhatian lebih kepada UMKM di Bontang. Bantuan itu berupa permodalan usaha. “Saya mengajak seluruh perbankan untuk memberikan perhatian lebih ke UMKM,” ungkapnya saat membacakan sambutan Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni, Senin (13/5/2019).

Hal ini lantaran pihaknya melihat dukungan perbankan belum berimbang dengan apa yang telah diberikan UMKM terhadap perekonomian di tingkat nasional dan daerah. Di antaranya seperti kemampuan UMKM menyerap tenaga kerja. “Pelaku UMKM masih sering berhadapan dengan kesulitan dalam mengakses jasa perbankan,” ucapnya.

Dia menghimbau agar seluruh perbankan dapat terus mengkaji dalam membuka peluang dalam menciptakan kemitraan usaha dengan berbagai pihak di Bontang. “Jika kemitraan itu baik maka dapat dinikmati kembali,” ujarnya.

Sementara itu Regional Head SND 11 Kalimantan, Eka Dinata mengatakan, selama ini keberadaannya di Bontang perizinannya tidak hanya menghimpun dana masyarakat, akan tetapi menyalurkan kredit terhadap nasabah UMKM rakyat. Baik itu modal usaha atau investasi, setelah melalui analisa kelayakan usaha. “Kami berharap dengan itu, dapat membatu menggeliatkan perekonomian di Bontang,” katanya.

Dia mengklaim selama ini Danamon telah menyalurkan dana pengkreditan sebesar Rp 100 ,iliar kepada UMKM. “Angka persisnya berapa banyak UMKM kami belum copy,” ucapnya. (zae)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button