AdvertorialBontang

Pengurusan Kartu Kuning Cepat, Disnaker Layani Puluhan Pencaker Setiap Hari

BONTANG – Kartu kuning merupakan kartu yang harus dimiliki pencari kerja (pencaker) kala melamar pekerjaan. Hal ini menjadi salah satu yang harus dipersiapkan. Selain cepat, pembuatannya ternyata sangat mudah jika persyaratan sudah lengkap.

Kasi Informasi Pasar Kerja Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Bontang, Riduansyah mengatakan pencari kerja yang hendak membuat kartu kuning atau biasa disebut AK-1 tak perlu mengantre lama.

Pasalnya, pelayanan pembuatan kartu kuning ini hanya membutuhkan waktu lima menit. Asalkan persyaratan yang dibutuhkan sudah siap.

“Pengurusan pembuatan kartu kuning lebih cepat dan mudah,” katanya kepada bontangpost.id.

Alur pengurusan AK-1 ini dimulai saat pencari kerja tiba di loket, terlebih dulu melakukan registrasi. Kemudian petugas akan memeriksa kelengkapan berkas, seperti KTP asli Bontang, Ijazah SD hingga pendidikan terakhir, surat keterampilan dan pengalaman jika ada.

“Setelah persyaratan sudah diperiksa dan lengkap, pencari kerja akan difoto. Selanjutnya kartu kuning tersebut dicetak,” ujarnya.

Riduan -sapaannya- mengatakan saat hari normal Disnaker melayani 30 hingga 40 orang yang mengurus pembuatan AK-1 setiap harinya. Bahkan mencapai 100 orang jika terdapat lowongan proyek di sejumlah perusahaan.

Lanjut dia menyampaikan, tidak hanya pelayanan pembuatan AK-1, akan tetapi juga perpanjangan kartu kuning. Kata Riduan, masa berlaku setiap kartu kuning yakni selama dua tahun.

Meski begitu, setiap enam bulan para pencari kerja harus melaporkan dan memperbaharui kartunya tersebut jika belum mendapatkan pekerjaan.

“Kalau perpanjang, cukup bawa KTP asli Bontang dan kartu kuningnya saja,” tutupnya. (Arsyad Mustar/Adv)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button