Bontang

Pasar Murah Mulai Dibuka bagi 5.212 RTM di Bontang

BONTANG – Pasar murah bagi rumah tangga miskin (RTM) di Bontang mulai dibuka. Pemkot Bontang melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Diskop-UKMP) memberikan paket sembako kepada warga yang memiliki kupon, Kamis (23/5/2019) di Lapangan MTQ.

Sekretaris Diskop-UKMP Bontang, Karlina mengatakan pasar murah ini bertujuan untuk menstabilkan harga menjelang idulfitri. Sebab, beberapa harga bahan pokok di pasaran mengalami kenaikan. Tidak hanya itu, upaya ini tentu meringankan RTM di Bontang.

“Jelang lebaran tentu ada kenaikan harga di pasaran,” ujarnya kala ditemui awak media di sela-sela penyerahan paket sembako.

Paket sembako diberikan kepada RTM berdasarkan kupon yang sudah dibagikan ke setiap kelurahan tiga hari yang lalu. Data miskin pun berdasarkan data yang dimiliki Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat.

Mewakili Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni, Asisten I Administrasi Pemerintahan, M Bahri mengatakan kenaikan harga bahan pokok sudah menjadi budaya warga dalam ramadan, apalagi menjelang idulfitri. Sehingga dilaksanakan pasar murah untuk membantu kebutuhan warga miskin.

“Diharapkan tidak ada memonopoli kupon, atau dijual kembali. Dipergunakan dengan baik,” ucapnya dalam menyampaikan sambutan.

Satu kupon warga akan memperoleh satu paket sembako, yakni 5 kg beras, 2 liter minyak, 2 kg tepung terigu, 2 kg gula pasir, dan satu piring telur. Ada pun harganya yaitu Rp 115 ribu. Jika dibandingkan dengan harga di pasaran mencapai Rp 180 ribu.

Diketahui, pasar murah akan dibuka selam tiga hari, yakni tanggal 23 – 25 Mei 2019. Hari pertama dilakukan di dua titik, yaitu Lapangan MTQ dan Kelurahan Bontang Lestari.

Hari kedua, dilakukan di Kecamatan Bontang Barat meliputi tiga kelurahan, titik selanjutnya di Kelurahan Satimpo, Tanjung Laut, dan Tanjung Laut Indah.

Tanggal 25 Mei 2019, titiknya di Berbas Pantai, Berebas Tengah, Loktuan, dan Guntung. Ada pun total titik pasar murah tersebut yakni 10 titik. Sementara, secara keseluruhan RTM di Bontang yang memperoleh sembako murah Ramadan 1440 Hijriah sebanyak 5.212. (Arsyad Mustar)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button