AdvertorialBontang

Usai Lebaran, Disnaker Bakal Sosialisasikan Perda Alih Daya dan Rekrutmen Tenaga Kerja

BONTANG – Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Bontang berencana mensosialisasikan Peraturan Daerah (Perda) tentang Alih Daya dan Rekrutmen Tenaga Kerja, usai lebaran idulfitri 1440 Hijriah mendatang. Hal ini diungkapkan langsung Kepala Disnaker Bontang, Ahmad Aznem.

“Akan kami undang perusahaan untuk sosialisasi perda ini. Mungkin habis lebaran,” ujarnya kepada awak media, Jumat (25/5/2019).

Menurutnya, sudah menjadi tugas dan tanggung jawab eksekutif dalam mensosialisasikan perda tersebut. Sebab, ini menyangkut ketenagakerjaan. Tidak hanya bagi perusahaan, namun juga akan disosialisasikan kepada pencari kerja dan masyarakat.

“Paling tidak ada keterwakilan dari masyarakat dan perangkat pemerintah tingkat kelurahan serta RT,” jelas Aznem – begitu ia disapa.

Pengesahan Perda Alih Daya dan Rekrutmen Tenaga Kerja ini dilakukan 2018 lalu. Tentu ini akan membuat perusahaan tidak dapat semena-mena dalam merekrut tenaga kerja maupun berinvestasi di Kota Taman.

Demi menerapkan regulasi ini, beberapa waktu lalu, Ketua Komisi I Agus Haris juga meminta dinas terkait untuk melakukan sosialisasi sehubungan perda tersebut. Sehingga perusahaan mengerti sanksi yang diterima bila melakukan pelanggaran.

“Terkait perda ini masih banyak perusahaan yang belum paham. Sehingga perlu disosialisasikan,” katanya.

Diketahui, salah satu poin penting dalam perda itu yakni memaksa perusahaan membayar uang jaminan senilai 15 persen dari total investasi. Pembayaran ini bertujuan untuk melindungi tenaga kerja di ujung masa kontrak. Mengingat, selama ini banyak kasus terkait pesangon yang tak terbayarkan.

Mekanisme lain pun dapat dilakukan perusahaan. Manajemen dapat menyerahkan uang jaminan di luar ketentuan itu. Asalkan mampu mengakomodir seluruh hak dan kewajiban seluruh tenaga kerja. (Arsyad Mustar/Adv)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button