AdvertorialBontangPupuk Kaltim

Pupuk Kaltim Berangkatkan 901 Pemudik

EMPAT belas tahun tak pulang kampung, Ama (33) yang merupakan warga Jalan Pipa Gang Perintis Kelurahan Guntung, akhirnya mudik. Ia bersama suami dan kedua anaknya hendak mengunjungi sanak keluarga di Kota Makassar. Ia merupakan salah satu dari ribuan pemudik yang beruntung.

Berkat mudik gratis Idulfitri 1440 H, program dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Ama tak menyangka mendapatkan kemudahan saat mendaftar. “Alhamdulillah, baru pertama kali daftar dan terpilih. Senang campur haru juga bisa pulang kampung. Karena sudah 14 tahun tidak pulang,” tuturnya yang mendapatkan ruangan di Dek 3 Kelas Ekonomi.

Istri dari Asrul Taha ini pun mengucapkan terima kasih kepada Pupuk Kaltim. Ia menaruh harap agar kuota pemudik di tahun-tahun mendatang terus bertambah. “Dengan tiket gratis ini bisa bertambah lagi,” harap dia.

Sementara itu, Direktur Produksi Pupuk Kaltim, Bagya Sugihartana menjelaskan, dalam rangka menyambut Idulfitri 1440 H tahun 2019, Kementerian BUMN menyediakan mudik gratis dengan kapal laut dan bus. Program ini sebagai upaya untuk mengurangi angka kecelakaan dan kemacetan di jalan raya selama masa mudik lebaran.

Kementerian BUMN bersama PT Pupuk Indonesia (Persero) kembali menugaskan Pupuk Kaltim untuk melaksanakan mudik gratis di Kalimantan Timur, yaitu di Bontang, Samarinda, dan Balikpapan. Dengan kuota 3.557 tiket, terdiri dari 3.116 tiket kapal dan 441 tiket bus, memprioritaskan masyarakat sekitar perusahaan.

Lanjut Bagya, pemudik diberangkatkan secara gratis ke Barru, Makassar, dan Surabaya melalui kapal laut. Serta jurusan ke Balikpapan dan Banjarmasin menggunakan bus. Dengan total biaya senilai Rp 1,56 miliar. “Keberangkatan kloter kedua ini, Pupuk Kaltim memberangkatkan sebanyak 901 pemudik jurusan Barru, Makassar, Sulawesi Selatan menggunakan Kapal Binaya,” urainya.

Ia berharap, program tersebut dapat memberikan manfaat untuk masyarakat Bontang. Mudik dapat berjalan lancar, pemudik pun mendapat kenyamanan berkat sinergi BUMN. “Semoga pemudik diberikan kesehatan dan keselamatan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Sampai di tujuan masing-masing, kumpul bersama keluarga dan kerabat untuk merayakan Idulfitri,” harap Bagya sekaligus melepas dengan resmi para pemudik.

Direktur Produksi Pupuk Kaltim, Bagya Sugihartana (tengah) menyambangi ruang kemudi Kapal Binaya sebelum berlayar. (FAUZI/HUMAS PUPUK KALTIM)

Hadir dan turut menyampaikan sambutan, Wakil Wali Kota Bontang, Basri Rase. Ia sangat mengapresiasi program mudik gratis bersama Pupuk Kaltim ini. “Terima kasih kepada Pupuk Kaltim yang sudah dua tahun melaksanakan program mudik gratis kepada masyarakat Bontang,” tuturnya.

Basri berharap agar program ini dapat terus terlaksana agar masyarakat Bontang dapat merasakan dan menikmati keberadaan Pupuk Kaltim. Mudik gratis menjadi bagian kecil yang telah dirasakan masyarakat, selain aspek lain di bidang pendidikan, sosial, kesehatan, dan lainnya.

“Mohon menjaga ketertiban dan keamanan selama di kapal. Kita berangkat dengan selamat dan kembali dengan selamat. Mohon maaf lahir dan batin, selamat berhari lebaran, kumpul dengan keluarga. Kembali ke Bontang membawa semangat yang luar biasa,” pinta Basri.

Pelepasan mudik gratis ini pun turut dihadiri perwakilan Polres Bontang, Dandim 0908/BTG Letkol Arm Eko Pristiono, hingga unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) terkait. (Rera Annorista/adv)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button