Bontang

Dishub Akan Cek Kendaraan Mudik Lebaran

BONTANG – Memasuki hari raya Idulfitri 1440 Hijriah tahun ini, dipastikan banyak warga Bontang yang mudik keluar daerah menggunakan kendaraan umum. Sebab itu Dinas Perhubungan (Dishub) Bontang berencana melakukan pengecekan kelayakan kendaraan.

Kepala Seksi Angkutan Dishub Bontang, Welly Sakius mengatakan pihaknya telah bersurat kepada seluruh perusahaan otobus (PO), dan kini tengah melakukan koordinasi dengan instansi terkait seperti kepolisian dan jasa raharja. “Rencananya infonya besok, nanti saya infokan kalau sudah pasti,” ungkapnya saat dihubungi Bontangpost.id, Kamis (30/5/2019).

Dalam kegiatan yang bertujuan untuk menjamin keselamatan penumpang ini, kendaraan mudik lebaran ini harus lulus uji kelayakan. Pemeriksaan meliputi surat admistrasinya seperti surat-surat kendaraannya. Serta timnya juga akan memeriksa bagian mesin mobil, rem, ban, lampu dan safety mobil di antaranya safety belt, pemecah kaca, dan alat pemadam ringan (Apar).

“Kalau tidak lengkap tidak diperbolehkan jalan, kalau sudah layak baru boleh jalan,” jelasnya.

Pihaknya berharap untuk para penumpang agar dapat melaporkan kepada petugas jika menemukan keganjalan, seperti sopir yang mabuk, keamanannya, atau tempat duduknya yang berlebihan. Sehingga pihaknya akan menegur dan jika membandel akan ditindak tegas. “Jangan membeli tiket di calo dan berhak mengadu jika menurut penumpang meresahkan,” imbuhnya.(Zaenul)

Apa Reaksi Anda?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close