Bontang

H-4 Lebaran, Penumpang Bus Meningkat

BONTANG – Peningkatan pemudik yang menggunakan transportasi darat mulai terlihat di Terminal Bontang. Hal ini terungkap dari data penumpang yang dimiliki oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Bontang, sejak Sabtu (1/6/2019) kemarin.

Sebanyak 168 orang diangkut oleh 8 bus dengan tujuan Samarinda. Hal ini mengalami peningkatan dari hari sebelumnya, Jumat (31/5/2019) yang hanya mengangkut 129 orang dari 10 bus. Sedangkan pada Minggu (2/6/2019) hingga pukul 10.20 Wita, sudah ada 56 orang penumpang yang berangkat dari Terminal Bontang.

Tidak jauh Berbeda dengan pemudik dari luar Bontang yang hendak merayakan hari raya Idulfitri di Kota Taman bersama keluarganya. Sejak Sabtu ada 112 orang yang datang, sedangkan Jumat hanya 59 orang.

Baca Juga:  DLH Minta  Warga Tak Buang Sampah di Hari Lebaran 

Perwira Pengendali Polres Bontang, Ipda Toto Suwasto mengatakan, warga seperti tahun sebelumnya lebih banyak menggunakan kendaraan pribadi dan bus yang langsung menuju Balikpapan. “Banyak yang pake patas,” ungkapnya saat ditemui di Pos Pemantau Arus Mudik Terminal Bontang.

Dijelaskannya, untuk memantau arus mudik lebaran ini Polres Bontang juga mendirikan beberapa posko di Jalan Poros Bontang – Samarinda hingga ke Tanah Datar, Kutai Kartanegara. Di Pos Pemantau ini terdapat sejumlah petugas lalu lintas beserta petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan dan Palang Merah Indonesia (PMI). Mereka juga dilengkapi alat berat ekskavator, pemotong kayu atau senso dan ambulan.

Dibenarkan Petugas PO Samarinda Lestari, Ainun mengatakan untuk mengatasi lonjakan penumpang mudik lebaran ini, pihaknya sampai menambah armada sebanyak 4 unit, dari sebelumnya hanya 3 unit saja. “Kalau kemarin cuma 3 bisa penuh semua, sekarang 4 bus yang jalan sisa tinggal 8 kursi saja lagi yang kosong,” katanya.

Baca Juga:  Jelang Keberangkatan, Plt Sekda Periksa Kondisi Kapal

Salah satu penumpang bus patas, Amirullah mengaku akan mudik lebaran menemui keluarganya di Balikpapan. “Pakai patas karena murah dan langsung sampai tujuan,” ucapnya. (Zaenul)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close