Bontang

Lama Tidak Ambil Surat Kendaraan di Samsat, Ini Inovasi Satlantas Polres Bontang

BONTANG – Menumpuknya Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) yang sudah selesai dicetak di Samsat Bontang, membuat Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bontang memberikan pelayanan Samsat Delivery kepada masyarakat. Yaitu mengantar langsung STNK, TNKB dan BPKB kepada pemiliknya.

Layanan Samsat Delivery, diprioritaskan untuk STNK, TNKB dan BPKB yang sudah cukup lama tidak diambil oleh pemiliknya. Pengantaran ini juga tidak dipungut biaya sepeser pun.

”Selama ini banyak sekali pemilik sampai lupa dan tidak mengambil STNK, TNKB dan BPKB yang sudah jadi hingga berbulan-bulan. Dari kondisi inilah, akhirnya kita bentuk tim delivery,” ungkap Kapolres Bontang AKBP Siswanto Mukti melalui Kasat Lantas Polres Bontang AKP Angga Indarto.

Dengan adanya pemberian STNK, TNKB dan BPKB langsung kepada masyarakat seperti ini, akan membuat pelayanan jadi lebih cepat. Selain itu mengurangi kepadatan wajib pajak yang mengantri di kantor Samsat Polres Bontang.

Lanjut dia, inovasi ini sebagai bentuk timbal balik atas kesediaan masyarakat melakukan kewajibannya membayar pajak dengan tepat waktu. “Pelayanan pengantaran ini merupakan wujud pelayanan prima Polri terhadap masyarakat,” ucapnya.

Selain Layanan Samsat Delivery, Polres Bontang juga membuka Samsat Pembantu di Kelurahan Berbas Pantai dan Loktuan bagi warga yang hendak membayar pajak kendaraannya. “Kegiatan sosial ini juga dilakukan sebagai bentuk pelayanan Polri kepada masyarakat dalam rangka memperingati Hari ke-73 Bhayangkara yang jatuh pada (1/7/2019) depan,” katanya.

Sementara itu, warga yang sudah merasakan pelayanan ini, mengaku sempat tidak percaya dibalut rasa bahagia kedatangan Tim Delivery Satlantas Polres Bontang yang mengantar surat kendaraanya. Ucapan terima kasih pun terlontarkan kepada aparat atas kinerjanya dalam melayani warganya.

”Saya tidak menyangka jika dokumen kendaraan ini diantar petugas sendiri ke rumah secara gratis. Dengan program ini, saya tidak perlu repot untuk mengambil ke Kantor Samsat,” ucapnya menirukan perkataan warga yang didatangi polisi di rumahnya. (Zaenul)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button