Bontang

Kualitas Warga Lokal Diremehkan, Basri Sebut Hanya Akal-akalan Perusahaan Saja

BONTANG – Kualitas pendidikan yang menjadi salah satu alasan minimnya warga lokal direkrut di perusahaan. Pernyataan ini membuat Wakil Wali Kota Bontang, Basri Rase, angkat suara. Menurutnya, sumber daya manusia (SDM) Bontang tak perlu diragukan lagi.

Pasalnya, SDM Bontang juga berpengalaman membangun pabrik, baik kimia maupun kondensat. Kata Basri, hal itu sesuai di lapangan. Sehingga sangat tidak wajar jika kualitas pekerja lokal diragukan. “Itu hanya akal-akalan perusahaan saja,” katanya kepada awak media, Rabu (26/6/2019).

Dia menegaskan, permasalahan saat ini bukan pada kualitas tenaga lokal yang tak mampu menyaingi kualitas pekerja asal luar Bontang. Namun kesempatan untuk bekerja tidak diberi ruang kepada warga Bontang. “Kalau mereka diberi kesempatan, juga akan bisa. Bukannya tidak mampu bersaing,” imbuhnya.

Melalui sosialisasi Perda nomor 10 tahun 2018 tentang perekrutan dan penempatan tenaga kerja, di gedung Dispopar Bontang, Basri mengatakan peraturan ini tentu sangat dinanti masyarakat, agar dalam perekrutan maupun penempatan tenaga kerja berjalan sesuai prosedur. Juga tidak menimbulkan friksi dari berbagai pihak yang berkepentingan dalam kepengurusan di daerah.

“Target utama pemerintah dalam peraturan ini untuk mengentaskan kemiskinan dan angka pengangguran,” ucapnya. (Arsyad Mustar)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button