AdvertorialBontangPupuk Kaltim

Program PKL dan Magang Pupuk Kaltim, Persiapkan SDM yang Siap Kerja

BONTANG – PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) kembali membuka program praktik kerja lapangan (PKL) maupun magang, Rabu (10/7/2019) di Gedung Wijaya Kusuma. Tak hanya membuka, pada kesempatan itu pula program Pupuk Kaltim Apprentice Challege (PAC) Batch II dan Magang Dalam Negeri Batch II 2019, resmi ditutup.

Program magang dan PKL yang telah dan akan dilaksanakan itu dikembangkan oleh Pupuk Kaltim untuk masyarakat. Dalam rangka meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) guna menghadapi dunia kerja. Yang diaplikasikan pada program Pupuk Kaltim Apprentice Challege (PAC) Batch III, Pupuk Kaltim Internship Program (PIP) Periode III 2019, dan Magang Dalam Negeri Batch III 2019 di bawah naungan Sufi Training.

Manager Learning Center, Tahtit Surya Arjanggi dalam laporannya mengatakan, Pupuk Kaltim mengembangkan dua program yakni magang dan PKL. Di mana, program PKL dan Magang Dalam Negeri terbagi menjadi empat sesi setiap tahunnya, Januari – Maret (Batch I), April – Juni (Batch II), dan seterusnya.

“Sementara, program PAC dalam setahun hanya dua batch. Jadi per batch, enam bulan. Tahun 2019 kita menginjak batch ketiga. Karena batch pertama sudah dilakukan di 2018 lalu,” terangnya.

Untuk jumlah peserta PAC Batch II diikuti sebanyak 61 orang yang telah melakukan magang selama enam bulan di Pupuk Kaltim. Sejak 14 Januari hingga 12 Juli. “Apa yang didapatkan di unit kerja dapat berguna dan bermanfaat untuk melanjutkan melamar pekerjaan di tempat lain,” harap Tahtit kepada peserta.

Lanjut dia, jumlah peserta pada program Magang Dalam Negeri berjumlah 19 orang, baik batch kedua maupun ketiga. Sementara, program PAC Batch III yang akan dimulai hari ini (10 Juli) berjumlah 80 orang. “Terjadi peningkatan dari batch sebelumnya,” ucapnya.

Pada program PIP pun diikuti 145 peserta berstatus mahasiswa. Berasal dari 31 universitas di seluruh Indonesia maupun luar negeri. Bahkan, dua peserta PIP Periode III berasal dari Jerman. “Kalau daftar PKL ini lewat jalur online, kami permudah. Sehingga ada beberapa universitas dari luar negeri ikut berpartisipasi. Tahun lalu ada peserta dari Turki. Semua negara dari universitas apapun bisa mendaftar,” tutur Tahtit.

Para peserta magang dan PKL Pupuk Kaltim. (Fauzi/Humas Pupuk Kaltim)

Di tempat sama, Direktur SDM dan Umum Pupuk Kaltim, Meizar Effendi menyambut kedatangan peserta magang dan PKL. Ia mengatakan, kegiatan ini merupakan program yang dikembangkan untuk meningkatkan kompetensi SDM dalam menghadapi dunia kerja.

“Seperti yang dicanangkan oleh Presiden RI. Bahwa tahun ini akan fokus pada peningkatan SDM. Memang sebagian besar program magang hanya dapat teori di bangku sekolah maupun kuliah. Namun belum afdal kalau belum mengenal dunia kerja nyata,” ucap Meizar.

Melalui program ini, kata Meizar, peserta dapat mempelajari banyak hal yang nantinya akan menjadi bekal saat bekerja. Tidak hanya tahu teori, namun dapat mempraktikkan langsung. “Manfaatkan sebaik-baiknya. Banyaklah bertanya ke pembimbing, aktif dalam problem solving. Dengan ikut program magang atau PKL, banyak hal yang bisa didapat,” kata dia.

Di akhir acara, Aditya Abdillah Priyanto mewakili peserta PAC Batch II, mengaku banyak mendapat wawasan usai mengikuti program magang selama tiga bulan di Pupuk Kaltim. Banyak ilmu dan kemampuan baru yang dapat diserap dari para pekerja.

“Saya merasa beruntung bisa bergabung di PAC Batch II karena banyak ilmu baru yang saya dapatkan di Pupuk Kaltim. Dan menjadi bekal untuk ke depannya, jadi langkah awal meniti karir selanjutnya,” tutup dia. (Rera Annorista/adv)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button