Bontang

Truk Fire Fighting 4 Ribu Liter Perkuat Armada Disdamkartan Bontang

BONTANG – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan) Bontang akan mendapatkan amunisi baru. yaitu sebuah unit fire fighting dan satu unit mobil penyelamatan.

Kepala Disdamkartan Bontang M Yani menerangkan, satu unit truck fire fighting itu berkapasitas tangki mencapai 4 ribu liter. Yaitu dapat menampung air sebanyak 3.700 liter, dan 300 liter untuk foam yang berguna untuk memadamkan kebakaran yang terjadi di sebuah SPBU atau tangki minyak.

“Sebenarnya tangki yang ada foam-nya ini sudah ada waktu pengadaan tahun 2000 lalu, cuma sudah rusak,” ujarnya.

Sedangkan pengadaan satu unit mobil rescue, yaitu mobil yang berisi alat-alat penyelamatan seperti tang pemotong, kampak dan alat pencongkel. Berguna ketika proses membebaskan korban kecelakaan yang terjepit, maupun yang terkurung dalam sebuah bangunan.

“Biar cepat proses penyelamatannya,” ucapnya.

Dia menjelaskan, Disdamkartan awalnya mengusulkan sebanyak 4 unit. Rinciannya dua unit truk tangki air dengan muatan 4 ribu liter, satu unit fire fighting 4 ribu liter dan satu unit mobil rescue. Namun yang terakomodir hanya dua. Hal ini lantaran kondisi keuangan Pemerintah Kota Bontang dan pemenuhan kebutuhan organisasi perangkat daerah lainnya.

“Jika melihat jumlah penduduk yang mencapai 180 ribu, karena 10 ribu itu satu unit pemadam, jadi harus 18 unit,” jelasnya.

Jumlah unit pemadam saat ini yaitu sebanyak 4 unit, yaitu terdiri dari 1 unit tangki dengan daya tampung 10 ribu liter air. Dua unit fire fighting dengan daya tampung air 3 ribu liter air dan 4 ribu liter.

“Yang satu lagi sedang masuk workshop,” ucapnya.

Selain itu untuk menunjang operasional dalam memadamkan api, akan ada tambahan 50 stel seragam tahan panas. Yang dilengkapi dengan helm, kacamata dan kaos tangannya. “Ini yang tahan panas, kalau tahan api itu warna silver,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini dia mengimbau kepada masyarakat jika terjadi kebakaran, tidak berkerumunan di jalanan yang akan dilalui oleh pemadam. Melainkan agar mengosongkan jalanan. Meminta agar pihak keamanan setempat dan Ketua RT dapat membantu mensterilkan jalanan. Hal ini berkaitan dengan proses pemadaman. Jika suasana ini terjadi, proses pemadaman akan cepat dan menghindari merambatnya api ke bangunan lainnya.

“Jika terjadi kebakaran cepat hubungi di nomor 0548-28113. Kami sudah siap semua, hambatannya itu jika ada kerumunan,” imbaunya (Arsyad Mustar)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga

Close
Back to top button