BontangOlahraga

Capai Tiga Besar di Kejurprov, Atlet Panjat Tebing Bontang Berpeluang Bela Kaltim di Kejurnas

BONTANG – Pembinaan atlet muda panjat tebing Bontang mulai membuahkan hasil. Dalam Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Panjat Tebing yang digelar sejak 11-13 Juli lalu, mereka berhasil membawa Kota Taman meraih posisi tiga besar di bawah Balikpapan dan Samarinda. Posisi ini dinilai Sekretaris Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) cabang Bontang, M Tajudin sudah memenuhi target yang dicanangkan.

Dari Kejurprov Kaltim yang digelar di Sport Center Loktuan tersebut, Bontang berhasil meraih 18 medali, terdiri dari empat medali emas, tujuh medali perak, dan tujuh medali perunggu. “Jika dilihat dari segi peringkat, posisi Bontang ini terlihat stabil dari kejuaraan sebelumnya,” kata Tajudin.

Perolehan medali yang dihasilkan atlet muda Kota Taman ini perlu di apresiasi. Pasalnya atlet yang diturunkan ini merupakan atlet muda atau merupakan wajah baru di kejuaraan ini. Akan tetapi bisa menghasilkan prestasi yang membanggakan.

Bahkan medali yang didapatkan Bontang ini, lanjut Tajudin, jika dilihat dari jumlahnya, di luar ekspektasi federasi sendiri. Serta lebih banyak dari delapan kabupaten/kota yang mengikuti perlombaan tersebut. “Dari 6 putra dan 6 putri, cuman satu orang saja yang tidak mendapatkan medali,” ujarnya.

Jika melihat hasil yang didapatkan tersebut, tanpa diwakili atlet senior yang tidak bisa tampil, pembinaan yang dilakukan selama ini berhasil. Peran pelatih yang memberikan arahan kepada para atlet dan kedisiplinan para atlet dalam berlatih membuahkan hasil. “Regenerasi atlet panjat tebing ini berjalan dengan baik,” ucapnya.

Dia juga bersyukur para atlet, pelatih, dan seluruh tim tetap bekerja keras selama ini mengharumkan nama Bontang. Walaupun dalam setiap mengikuti kompetisi terkendala dana. “Kami terbentur soal biaya seadanya saja, untung saja kemarin berlangsung di Bontang, selama ini terkendala di sektor itu sih,” akunya.

Berkat kegigihannya dalam meraih medali emas, dipastikan atlet FPTI Bontang akan mewakili Provinsi dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) XIV 2019 di Kabupaten tanah Laut, Kalimantan Selatan 28 Juli hingga 4 Agustus mendatang. Pasalnya, persyaratan atlet yang mewakili daerah dalam kejuaraan tersebut adalah yang mendapatkan medali emas. “Empat orang yang berpeluang bisa berangkat, paling sedikit tiga orang,” ujarnya.

Dia berharap para atlet tidak berpuas diri dengan hasil yang didapatkan. Akan tetapi giat berlatih. Pasalnya para atlet tidak akan bertanding di kategori yang sama, melainkan akan terus naik dan menghadapi atlet yang lebih baik lagi. “Untuk mencetak regenerasi, yang menyusul ke tim senior, kami berharap terus berlatih,” harapannya. (Zaenul)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga

Close
Back to top button