Bontang

Dari 860 Hektare Kawasan Peruntukkan Industri di Bontang Lestari, 64 Hektare Dikuasai Pemkot

BONTANG menegaskan diri sebagai kota industri. Lahan seluas 860 hektare disiapkan untuk kawasan peruntukkan industri. Letaknya di Kelurahan Bontang Lestari. Strategis, karena berhadapan dengan lautan.

Kesiapan lahan itu tengah digodok oleh Pemkot Bontang dan Pansus Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) DPRD Bontang. Sebelum pelantikan anggota DPRD periode 2019-2024, 15 Agustus mendatang.

Dari 840 hektare tersebut, 64 hektare di antaranya merupakan lahan milik pemkot. Yakni, arena terbang layang. Yang digunakan saat PON 2008 dan Porprov 2018 lalu. “Sisanya dimiliki masyarakat, ada pula yang RTH yang bakal diubah menjadi kawasan industri,” Plt Sekda Bontang Agus Amir, Minggu (21/7/2019) lalu disela tinjauan lapangan.

Selain itu, terdapat juga perkampungan yang bakal terkena dampak. Yakni RT 13,14, dan 15. Yang dihuni sekitar 200 kepala keluarga (KK). Menurut Agus, pemkot tentunya tidak akan lepas tangan begitu saja terhadap nasib warga.

Jika memang nantinya ada investor dan bersinggungan dengan lahan warga, pihaknya sudah menyiapkan solusi. Salah satunya dengan memindahkan ke rusunawa atau rusunami. “Tapi letaknya tidak jauh dari lokasi yang sekarang. Karena kehidupan mereka sebagai nelayan. Tidak bisa jauh dari laut,” terangnya.

Pansus mencocokkan peta lokasi lahan peruntukkan industri. (Edwin/Bontangpost.id)

Sementara, anggota Pansus RTRW DPRD Bontang Ubayya Bengawan mengatakan bahwa tinjauan lapangan ini untuk memastikan kondisi sebenarnya. Sehingga kesepakatan tidak hanya diambil berdasarkan apa yang disampaikan di atas meja. “Kami juga harus tahu di lapangan itu seperti apa,” tuturnya.

Legislator lainnya, Agus Haris menuturkan, relokasi terhadap warga harus mempertimbangkan aspek sosial. Dia sepakat dengan Agus Amir yang menyebut bahwa relokasi tidak bisa jauh dari permukiman yang ada saat ini. “Laut itu sumber penghidupan mereka,” ujar ketua Komisi I itu.

Diketahui, dikawasan ini sudah masuk investor yang akan mendirikan pabrik pengolahan kelapa sawit. Mereka tengah menyelesaikan perizinan. Megaproyek kilang minyak juga bakal berada di kawasan peruntukkan industri ini. (edw)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button