AdvertorialBontangPupuk Kaltim

Pupuk Kaltim Dukung Mahasiswa KKN PPM UGM, Majukan Guntung Lewat Program Ekowisata

BONTANG – Tutup program ekoturisme atau ekowisata berbasis kapasitas masyarakat dan ekonomi kreatif di Kelurahan Guntung, 29 Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Kepada Masyarakat Universitas Gadjah Mada (KKN PPM UGM) menggelar pesta rakyat dan workshop di Rumah Adat Kelurahan Guntung, Sabtu (10/8/2019).

Di mana kegiatan tersebut sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat guna mendorong kemandirian dan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan, khususnya di wilayah Guntung dan Selambai, Loktuan. Hal itu diterangkan Ayu Septianingsih Firdaus selaku ketua Unit KKN PPM UGM.

Ia menjelaskan, kegiatan yang terlaksana sejak 29 Juni hingga 18 Agustus mendatang ini bertema ekowisata berbasis kapasitas masyarakat dan ekonomi kreatif. Ayu pun berharap, program ini dapat memberdayakan masyarakat sekitar untuk terus berkembang dalam meningkatkan kapasitasnya. Sehingga ke depan, Guntung menjadi objek wisata sekaligus dapat memajukan ekonomi kreatif.

Baca Juga:  Rayakan HUT ke-10, DPC Gerindra Bontang Gelar Donor Darah dan Revolusi Putih¬†

“Terima kasih kepada Pupuk Kaltim sebagai mitra KKN kami yang telah mendukung penuh pelaksanaan kegiatan KKN untuk dapat memberdayakan kapasitas masyarakat dan meningkatkan potensi pariwisata di Guntung. Serta partisipasi masyarakat yang telah mendukung berlangsungnya setiap program,” ungkapnya.

Kegiatan inipun mendapat dukungan dari Lurah Guntung, Ida Idris. Ia berharap pelestarian kebudayaan di Guntung dapat lebih dikembangkan dan diketahui oleh masyarakat sekitar. “Apresiasi kepada anak KKN UGM yang telah memperhatikan budaya di wilayah Kelurahan Guntung. Karena sejak dulu, kebudayaan Erau Pelas Benua rutin dilaksanakan setiap tahunnya pada bulan September,” kata dia.

Ucapan terima kasih juga ia sampaikan kepada Corporate Social Responsibility (CSR) Pupuk Kaltim yang telah membantu mahasiswa KKN UGM dalam memperkaya pelestarian budaya di Kelurahan Guntung. “Mudah-mudahan hasil laporan mereka, kita semua dapat merasakan manfaatnya,” ucap Ida.

Baca Juga:  Jargas Mulai Dinikmati Warga Kanaan
Peluang wisata melalui pengembangan ekonomi kreatif warga Guntung. (Humas Pupuk Kaltim)
Peluang wisata melalui pengembangan ekonomi kreatif warga Guntung. (Humas Pupuk Kaltim)

Sementara itu, Ketua Adat Guntung Ismail mewakili warga mengucapkan terima kasih atas program yang dicanangkan Mahasiswa KKN UGM mengenai kearifan lokal di Kelurahan Guntung. Juga dukungan besar dari Pupuk Kaltim melalui departemen CSR kepada masyarakat buffer zone.

“Program ini sangat menarik dan akan menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi warga Guntung untuk ke depannya. Tujuannya sangat bagus yakni untuk membangun ekowisata di Guntung. Dan semoga ini menjadi peluang agar kampung kita semakin maju,” harap dia.

Di tempat sama, Rida Nuralia didampingi Nikka Larasati selaku Community Development (Comdev) Officer Pupuk Kaltim menjelaskan kegiatan yang dilaksanakan Mahasiswa KKN PPM UGM telah berlangsung sejak akhir Juni lalu menyasar wilayah Guntung dan Loktuan. Di mana, program-program tersebut bersifat ekowisata dan budaya.

Baca Juga:  LUAR BIASA!!! Dua Atlet PABBSI Kutim Borong 5 Emas¬†

Lanjut Rida, rangkaian kegiatannya pun beragam. Seperti acara pendidikan, kesehatan, dan pesta rakyat sebagai puncaknya. Selain menggelar work shop, pesta rakyat di Guntung dirangkai dengan lomba Tari Jepen, lomba fashion show, lomba sumpit, hingga lomba gasing.

“Kami ingin teman-teman KKN lebih berkembang dan mengembangkan potensi yang ada di masyarakat Guntung, terutama potensi budaya. Juga masyarakat Guntung sendiri dapat tergerak untuk meningkatkan potensinya sehingga kemudian hari dapat meningkatkan pariwisatanya,” harap Rida.

Tentunya, peran Pupuk Kaltim mendukung penuh semua program atau kegiatan yang dilakukan Mahasiswa KKN PPM UGM hingga 18 Agustus mendatang, baik di wilayah Guntung maupun Loktuan. “Dukungan dalam bentuk pendanaan maupun pendampingan, program apa saja yang mereka lakukan,” tambah Nikka. (Rera Annorista/adv)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close