Bontang

Kondisi Jalan Awang Long Makin Parah

Kondisi Jalan Awang Long kian memprihatinkan. Lubang semakin banyak sehingga tidak nyaman dilintasi. Hal itu patut mendapat perhatian dari pemerintah daerah.

 BONTANG – Kondisi Jalan Awang Long memprihatinkan. Ada sejumlah lubang menganga yang membuat pengendara tak nyaman saat melintasi jalan tersebut.

Mustar, Warga Bontang Baru, menyebut harus berhati-hati ketika memacu kendaraan roda duanya di area itu. Dia memilih berjalan lambat dan menghindari lubang.

“Harus mengambil badan jalan yang tidak ada lubangnya. Kalau kena bisa rusak kendaraan,” kata Mustar.

Mustar berharap Pemkot Bontang segera melakukan perbaikan dengan overlay. Tujuannya, tidak jatuh korban akibat kerusakan konstruksi jalan ini. “Kalau tidak segera diperbaiki akan lebih hancur lagi kondisi jalannya,” ucapnya.

Sementara itu, warga lainnya, Djemino menyebut kerusakan jalan berdampak pada huniannya. Sebab, pria kelahiran Kediri ini tinggal persis di samping titik jalan berlubang. Ketika kendaraan roda empat bermuatan berat melintas, timbul efek getaran di rumahnya. Walhasil salah satu dinding mengalami keretakan.

“Goyang sampai dalam rumah kalau ada truk yang melintas,” kata Djemino.

Menurut dia, kerusakan tersebut akibat struktur tanah. Tepatnya di kedalaman 2 meter dari jalan. Hal ini diketahui saat dia membuat septic tank di rumahnya. “Tanahnya ini gambut di bawahnya sehingga tidak mampu menahan beban,” katanya.

Dia mengatakan, jalan ini di-overlay lima tahun lalu. Sesungguhnya upaya perbaikan telah dilakukan menjelang Idulfitri. Bentuknya penambalan dengan penyemanan. Namun, langkah tersebut hanya bersifat sementara. Sebab beberapa hari kemudian, konstruksi jalan kembali berlubang.

Dia menuturkan, hingga kini belum ada korban dari kerusakan tersebut. Namun, ketika hujan, tak jarang pengendara roda dua terkena percikan air saat berpapasan dengan kendaraan lain yang masuk dalam lubang. Sebab, lubang ini tergenang oleh air.

Awak Kaltim Post (induk Bontangpost.id) mencoba mengonfirmasi ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota (PUPRK). Hanya, komunikasi belum dapat tersambung dengan sejumlah pejabat di organisasi perangkat daerat (OPD) tersebut.

Namun, berdasarkan laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Bontang terdapat pos anggaran untuk peningkatan Jalan Awang Long tahun ini. Bersumber bantuan keuangan provinsi senilai Rp 1,8 miliar. (ak/kri/k16/prokal)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Sumber
Prokal
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button