AdvertorialBontang

Yabis Berkurban, Kemas Daging Menggunakan Besek Bambu

BONTANG – Telah menjadi rutinitas tahunan Yayasan Yabis Bontang menggelar penyembelihan hewan kurban. Tahun ini, sebanyak 9 sapi dan 7 kambing dikurbankan dalam perayaan Iduladha 1440 Hijriah. Pemotongan hewan kurban dilaksanakan di Halaman Aula Yabis, Senin (12/8/2019) .

Kurban yang terkumpul merupakan donasi dari muqorib (orang yang berkurban) di lingkungan Yayasan Yabis Bontang. Yakni dari unit TK, SD, SMP, SMA, Rumah Sakit Islam Bontang (RSIB), Sekolah Tinggi Teknologi Industri Bontang (STTIB), hingga pelaksana harian (PLH) dan pengurus Yabis.

Ketua Panitia Iduladha 1440 Hijriah Ustaz Ardi Sofyan dalam laporannya menjelaskan, jumlah muqorib yang menyumbangkan sapi sebanyak 43 orang dan kambing, 7 orang. Nilai kurban sapi pun bervarian, berkisar Rp 2,6 juta hingga Rp 3,5 juta.

Dan total penerimaan keseluruhan dana dari seluruh unit sebesar Rp 217,6 juta. “Sementara donasi terbesar berasal dari iuran siswa dari jenjang TK hingga SMA, terkumpul Rp 130 juta,” paparnya.

Adapun jumlah mustahik (orang yang berhak menerima zakat) sebanyak 1.130 kepala keluarga. Sementara pendistribusian daging kurban akan diberikan ke masing-masing karyawan dari tingkat TK, SD, SMP, SMA, STTIB, PT RSIB, catering, dan PLH. Juga siswa Yabis yang berhak menerima mulai dari TK, SD, SMP, dan SMA. Juga warga sekitar sekolah.

Lanjut Ustaz Ardi, pendistribusian daging kurban tahun ini berbeda dari sebelumnya. Tak lagi menggunakan plastik. Hal ini sekaligus mendukung program Adiwiyata di sekolah Yabis. “Alhamdulillah, tahun ini panitia menghindari plastik untuk wadah daging kurban yang akan dibagikan kepada muqorib dan mustahik. Kami ganti dengan besek (tempat dari anyaman bambu),” terang dia.

Seekor sapi kurban yang akan disembelih, pagi tadi. (Humas Yabis for Bontangpost.id)

Di tempat sama, perwakilan muqorib, dr Ari Sigit memanjatkan rasa syukur dan ucapan terima kasihnya kepada panitia yang telah bekerja keras menyiapkan segala sesuatu. Sehingga kegiatan tahunan di lingkup Yabis ini dapat berjalan meriah.

“Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Sesuai temanya ‘Dengan berkurban kita tingkatkan rasa ketakwaan kepada Allah SWT’ dan bermanfaat bagi para mustahik,” ucap dia.

Di akhir sambutan, Ketua Harian Yayasan Yabis Saat Ardani mewakili pengurus mengucapkan terima kasih dan memberikan perhargaan kepada muqorib yang telah mempercayakan hewan kurbannya di sembelih dan di distribusikan kepada mustahik di lingkungan Yayasan Yabis.

Meski terjadi penurunan jumlah hewan kurban, namun hal tersebut tak mengurangi makna Iduladha di lingkungan Yayasan Yabis. “Upaya untuk mengumpulkan hewan kurban di tahun ini memang sedikit pendek. Mengingat kegiatan belajar mengajar di Yabis baru di mulai 15 Juli lalu. Kurang dari satu bulan hingga momen Iduladha tiba,” urai Saat.

Ia turut mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah berupaya keras menyiapkan segala kebutuhan demi berlangsungnya kegiatan itu. “Mudah-mudahan kerja keras para ustaz dan ustazah dari awal persiapan sampai selesai, senantiasa diberikan pahala di sisi Allah SWT. Kami pun mengimbau kepada muqorib, tahun depan kami masih membuka kesempatan untuk menyalurkan hewan kurbannya di Kampus Yabis,” tutup dia. (Rera Annorista/adv)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button