Pemkot Bontang

Ayo Daftar, Pemkot Siapkan Rp 1,5 Miliar untuk Beasiswa

BONTANG – Pemerintah Kota Bontang mengucurkan dana sebesar Rp 1,5 miliar untuk beasiswa warga Bontang yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Beasiswa ini terdiri dari tiga jenis, yaitu beasiswa prestasi untuk jenjang diploma tiga hingga strata dua, Co-ass, dan penulisan tugas akhir (PTA) untuk jenjang diploma satu hingga strata dua. “Jumlah anggarannya sama seperti tahun lalu,” ungkap Kabag Sosial dan Ekonomi Setkot Bontang, Aguswati.

Kuota penerima beasiswa yang telah berjalan sekira 5 tahun lalu ini belum bisa ditetapkan. Begitu pula dengan besaran dana yang akan diterima mahasiswa. Jika merujuk tahun sebelumnya, penerima sekitar 500 orang dan dana yang diterima itu mencapai 1,5 juta. “Kalau tahun lalu itu dari Rp 900 ribu naik menjadi Rp 1,5 juta,” ucapnya.

Porsi kuota antara yang menempuh pendidikan di Provinsi Kaltim dan di luar daerah akan berbeda. Lebih besar mahasiswa yang menempuh pendidikan di Kaltim. “Persyaratan bagi yang kuliah di Kaltim juga akan beda,” katanya.

Bagi warga yang ingin mendapatkan bantuan ini, silahkan mendaftar melalui laman www.e-beasiswa.bontangkota.go.id. Pendaftaran telah dibuka sejak Senin (12/8/2019). Persyaratan umum yang harus dilengkapi, di antaranya surat keterangan aktif kuliah, surat pernyataan bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS)/CPNS/karyawan perusahaan BUMN/perusahaan swasta dan bersedia mengabdi di Bontang. Serta tidak menerima beasiswa dari lembaga manapun pada 2019 ini.

Selain itu menyertakan fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa, KTP, Kartu Keluarga. Lebih penting surat pernyataan tidak menggunakan narkoba (lebih lengkap lihat laman http://e-beasiswa.bontangkota.go.id/home/persyaratan.php?hal=persyaratan).

Setelah tahapan registrasi ini selesai, berkas yang masuk akan diverifikasi. Calon penerima terpilih akan disahkan melalui Surat Keputusan Walikota. “Belum tahu berapa besar kuota penerima,” ucapnya.

Sementara, Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni berharap, beasiswa yang diberikan dapat membantu warga yang benar-benar membutuhkan. Selain itu, juga untuk mendorong peningkatan SDM. “Silahkan mendaftar bagi mahasiswa yang berminat,” terangnya. (Zaenul/Adv)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button